PENGARUH PENAMBAHAAN MEDIUM PROVASSOLI’S ENRICHED SEAWATER (PES) TERHADAP KADAR KOLIN YANG DIHASILKAN MAKROALGA COKLAT Sargassum sp.

Amos, Cohen Mc (2016) PENGARUH PENAMBAHAAN MEDIUM PROVASSOLI’S ENRICHED SEAWATER (PES) TERHADAP KADAR KOLIN YANG DIHASILKAN MAKROALGA COKLAT Sargassum sp. .. pp. 1-13. ISSN .

[img] Text (Jurnal BL01162)
JURNAL BL01162.pdf

Download (806kB)

Abstract

Kolin merupakan salah satu senyawa yang dibutuhkan dalam dunia farmasetika sebagai bahan baku dalam pembuatan obat untuk nutrisi otak maupun bahan tambahan dalam pembuatan susu formula. Senyawa kolin memiliki aktivitas yang dapat digunakan untuk membantu mengembangkan otak dan daya ingat. Saat ini senyawa ini sedang banyak digunakan dalam bidang kedokteran untuk membantu penderita alzheimer, parkinson, dan myasthenia gravis. Di Indonesia rumput laut coklat sebagai sumberdaya potensial yang banyak tumbuh secara alami di perairan Indonesia adalah jenis Sargassum dan Turbinaria. Sargassum sp memiliki kemampuan dalam menghasilkan senyawa kolin dan beberapa senyawa aktif lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian medium Provasoli of Enriched Seawater (PES) dengan variasi medium 2 ml, 3 ml, 4 ml, dan 5 ml pada makro alga coklat Sargassum sp. untuk menghasilkan kolin lebih tinggi. Hasil menunjukkan hasil kadar rata-rata fosfattidilkolin pada masing-masing sampel kurang dari 0,4% mg per kg sampel. Menurut Suniti dan Suada (2012), penambahan medium PES (Provasoli’s Enriched Seawater) dapat meningkatkan pertumbuhan alga. Manurut Mulroth dkk. (2013), peningkatan metabolisme lemak dan turunannya (fosfatidilkolin) dapat diproduksi dengan meningkatkan kondisi stres kelebihan nutrisi dari medium PES (Provasoli’s Enriched Seawater).

Item Type: Article
Subjects: Teknobiologi > Tekno Industri
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Mar 2017 09:11
Last Modified: 01 Mar 2017 09:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11294

Actions (login required)

View Item View Item