Susanto, Regina (2017) TAMAN EDUKASI DI SEMARANG DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ANAK. .. pp. 1-12.
Text (Jurnal TA14159)
JURNAL TA14159.pdf Download (1MB) |
Abstract
Taman merupakan sebuah tempat untuk bersenang – senang yang secara umum dipergunakan untuk olah raga, bersantai, bermain berinteraksi dan sebagainya, selain itu taman dapat dijadikan sebagai tempat untuk melestarikan alam yang memiliki ekosistem sehingga dapat di kelola menjadi ruang yang dapat digunakan sebagai wadah bagi masyarakat di sekelilingnya. Kegunaan taman bila diolah dengan maksimal salah satunya dapat dijadikan sebagai taman edukasi bagi anak – anak untuk sarana edukasi dan rekreasi yang dilaksanakan melalui berbagai macam bentuk kegiatan untuk mengolah kegitatan sesuai dengan tumbuh perkembangan anak itu sendiri. Kota Semarang merupakan kota yang sedang berkembang, melihat hal tersebut kebutuhan SDM yang dapat mendukung tingkat kemajuan kota dalam jangka waktu panjang adalah kualitas sumber daya manusia tersebut. Manusia yang unggul dapat di bentuk mulai sejak usia dini, dengan memaksimalkan karakter yang dimiliki semenaja saat anak-anak. Psikologi pada perkembangan karakter anak memiliki sifat berkelanjuatan dalam masa hidupnya baik secara spikis dan fisik sang anak. Karakter selalu berhubungan dengan perilaku dan moral yang berkaitan, seperti kejujuran, percaya diri, bertanggung jawab, penolong, dapat untuk di percayai, menghargai, menghormati, dan sebagainya. Namun, kemampuan dasar yang terdapat di dalam diri anak itu sendiri tidak bisa berkembang dengan sendirinya, melainkan harus dikembangkan dengan sungguh–sungguh melalui kegiatan yang dapat mengoptimalkan, sehingga akan tercipta sumber daya manusia dengan moral yang baik dan akan tercipta pula bangsa yang hidup rukun sesuai dengan aturan yang berlaku. Melalui pengolahan ruang tata dalam dan ruang tata luar pada sebuah taman edukasi di Kota Semarang ini di harapkan mampu menjadi bangunan yang memiliki nilai – nilai fungsi kegunaan yang sesuai dengan pola perkembangan karakter anak yang dinamis sehingga dapat menyelesaikan permasalahan pada konsep perancangan dan perancangan untuk menyeimbangkan antara fungsi bangunan taman edukasi dengan proses perkembangan anak tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Taman, Taman Edukasi dan Rekreasi, Tata Ruang Dalam, Tata Ruang Luar, Psikologi Perkembangan Anak. |
Subjects: | Arsitektur > Lingkungan Kawasan Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 14 Mar 2017 07:48 |
Last Modified: | 14 Mar 2017 07:48 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11353 |
Actions (login required)
View Item |