MUSEUM KERETA API INDONESIA SEBAGAI PUSAT EDUKASI DAN REKREASI DI KABUPATEN SEMARANG

Sitompul, Carolin Monica (2017) MUSEUM KERETA API INDONESIA SEBAGAI PUSAT EDUKASI DAN REKREASI DI KABUPATEN SEMARANG. .. pp. 1-11. ISSN .

[img] Text (Jurnal TA14167)
JURNAL TA14167.pdf

Download (1MB)

Abstract

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan bangunan cagar budaya milik PT. Kereta Api Indonesia (persero) yang berfungsi sebagai museum yang menyimpan koleki lokomotif uap. Pada awalnya Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebuah stasiun militer yang dibangun pada 21 Mei 1873 dengan nama Stasiun Willem I. Pada tahun 1976 Gubernur Jawa Tengah meresmikan stasiun tersebut menjadi Museum Stasiun Kereta Api Ambarawa.. Perancangan Museum Kereta Api Indonesia mengacu pada Pedoman Teknis Pelestarian Bangunan Perkereta-apian yang ditetapkan oleh PT. Kereta Api Indonesia (persero) yaitu. konservasi dalam bentuk Preservasi, Restorasi dan Adaptasi untuk melestarikan bangunan eksisting di Kawasan Museum Kereta Api Ambarawa yaitu bangunan stasiun, dipo lokomotif, dan bangunan gudang yang dimodifikasi menjadi toko souvenir serta penambahan masa penerima dan pengelola untuk menunjang kegiatan edukasi dan rekreasi di Museum Kereta Api Indonesia. Konsep Sustainable Architecture lebih menekankan pada konservasi energi berupa pengolahan grey water, air hujan, memaksimalkan penghawaan alami, memaksimalkan pencahayaan alami, konservasi material dan penggunaan panel surya sebagai energi alternatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Museum Kereta Api, Stasiun Wisata, Edukasi dan Rekreasi, Konservasi Arsitektur, Sustainable Architecture
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Mar 2017 08:19
Last Modified: 14 Mar 2017 08:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11354

Actions (login required)

View Item View Item