MUSEUM KERETA API INDONESIA SEBAGAI PUSAT EDUKASI DAN REKREASI DI KABUPATEN SEMARANG

Sitompul, Carolin Monica (2017) MUSEUM KERETA API INDONESIA SEBAGAI PUSAT EDUKASI DAN REKREASI DI KABUPATEN SEMARANG. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TA141670.pdf

Download (588kB)
[img] Text (Bab I)
TA141671.pdf

Download (595kB)
[img] Text (Bab II)
TA141672.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
TA141673.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
TA141674.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[img] Text (Bab V)
TA141675.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Bab VI)
TA141676.pdf

Download (19MB)

Abstract

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan bangunan cagar budaya milik PT. Kereta Api Indonesia (persero) yang berfungsi sebagai museum yang menyimpan koleki lokomotif uap. Pada awalnya Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebuah stasiun militer yang dibangun pada 21 Mei 1873 dengan nama Stasiun Willem I. Pada tahun 1970 stasiun ini berhenti beroperasi dan pada tahun 1976 Gubernur Jawa Tengah meresmikan stasiun tersebut menjadi Museum Stasiun Kereta Api Ambarawayang kemudian berubah menjadi Museum Kereta Api Ambarawa pada tahun 2015. Berbagai potensi yang dimiliki oleh Museum Kereta Api Ambarawa ternyata masih belum mampu menarik minat wisatawan untuk datang ke museum tersebut. Hal ini disebabkan oleh minimnya fasilitas dan kurangya gedung untuk mewadahi kegiatan wisata di kawasan ini. Oleh karena itu, untuk meningkatkan minat wisatawan terhadap Museum Kereta Api Ambarawa maka akan dilakukan pengembangan kawasan ini menjadi Museum Kereta Api Indonesia sebagai pusat edukasi dan rekreasi di Kabupaten Semarang. Penambahan koleksi berupa lokomotif uap, lokomotif disel, lokomotif listrik dan simulator model kereta api diharapkan dapat menjadi media belajar baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Kegiatan rekreasi wisata kereta uap akan dimaksimalkan dengan penambahan fungsi stasiun wisata. Perancangan Museum Kereta Api Indonesia mengacu pada Pedoman Teknis Pelestarian Bangunan Perkereta-apian yang ditetapkan oleh PT. Kereta Api Indonesia (persero) yaitu. konservasi dalam bentuk Preservasi, Restorasi dan Adaptasi untuk melestarikan bangunan eksisting di Kawasan Museum Kereta Api Ambarawa yaitu bangunan stasiun, dipo lokomotif, dan bangunan gudang yang dimodifikasi menjadi toko souvenir serta penambahan masa penerima dan pengelola untuk menunjang kegiatan edukasi dan rekreasi di Museum Kereta Api Indonesia. Konsep Sustainable Architecture lebih menekankan pada konservasi energi berupa pengolahan grey water, air hujan, memaksimalkan penghawaan alami, memaksimalkan pencahayaan alami, konservasi material dan penggunaan panel surya sebagai energi alternatif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Museum Kereta Api, Stasiun Wisata, Edukasi dan Rekreasi, Konservasi Arsitektur, Sustainable Architecture.
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Mar 2017 08:19
Last Modified: 14 Mar 2017 08:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11355

Actions (login required)

View Item View Item