ASRAMA PUTRI MAHASISWA S1 UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA DI SINGARAJA DENGAN METODE PENDEKATAN ARSITEKTUR TRADISONAL BALI YANG DIWUJUDKAN DALAM POLA TATANAN MASSA SESUAI FILOSOFI TRI HITA KARANA

WIRATAMA, KETUT WISNU (2017) ASRAMA PUTRI MAHASISWA S1 UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA DI SINGARAJA DENGAN METODE PENDEKATAN ARSITEKTUR TRADISONAL BALI YANG DIWUJUDKAN DALAM POLA TATANAN MASSA SESUAI FILOSOFI TRI HITA KARANA. .. pp. 1-7. ISSN .

[img] Text (Jurnal TA14511)
JURNALTA14511.pdf

Download (14MB)

Abstract

Kota Singaraja merupakan ibukota Kabupaten Buleleng Bali, dengan luas wilayah 27,98 km² dengan penduduknya berjumlah 80.500 jiwa. Melihat luas wilayah Kabupaten Buleleng terluas dibandingkan dengan Kabupaten lainnya, tidak mengherankan jumah mahasiswa di sini terbilang banyak. Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) merupakan institusi pendidikan tinggi negeri terbesar di Kabupaten Buleleng dengan jumlah mahasiswa 12736 mahasiswa pada tahun 2015/2016. Jumlah mahasiswa putri UNDIKSHA mengalami kenaikan 0,3%, diperkirakan 10 tahun mendatang mencapai 18.996 mahasiswa putri. Pentingnya perlidungan yang lebih dan fasilitas yang memadai untuk mahasiswa yang tidak berdomisili di kota Singaraja untuk mendukung proses belajar pada tingkat pendidikan S1, maka dari itu perlu adanya asrama putri mahasiswa SI UNDIKSHA di Singaraja. Asrama mahasiswa putri yang berada di pulau Bali ini menerapkan konsep arsitektur tradisonal Bali, agar dapat melestarikan budaya dan adat setempat. Sehingga filososfi Tri Hita Karana dipakai dalam penataan pola tatanan massa dan nantinya diharapkan terjadi hubungan yang erat antara Tuhan-Manusia, Alam- Manusia, Manusia-Manusia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kota Singaraja merupakan ibukota Kabupaten Buleleng Bali, dengan luas wilayah 27,98 km² dengan penduduknya berjumlah 80.500 jiwa. Melihat luas wilayah Kabupaten Buleleng terluas dibandingkan dengan Kabupaten lainnya, tidak mengherankan jumah mahasiswa di sini terbilang banyak. Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) merupakan institusi pendidikan tinggi negeri terbesar di Kabupaten Buleleng dengan jumlah mahasiswa 12736 mahasiswa pada tahun 2015/2016. Jumlah mahasiswa putri UNDIKSHA mengalami kenaikan 0,3%, diperkirakan 10 tahun mendatang mencapai 18.996 mahasiswa putri. Pentingnya perlidungan yang lebih dan fasilitas yang memadai untuk mahasiswa yang tidak berdomisili di kota Singaraja untuk mendukung proses belajar pada tingkat pendidikan S1, maka dari itu perlu adanya asrama putri mahasiswa SI UNDIKSHA di Singaraja. Asrama mahasiswa putri yang berada di pulau Bali ini menerapkan konsep arsitektur tradisonal Bali, agar dapat melestarikan budaya dan adat setempat. Sehingga filososfi Tri Hita Karana dipakai dalam penataan pola tatanan massa dan nantinya diharapkan terjadi hubungan yang erat antara Tuhan-Manusia, Alam- Manusia, Manusia-Manusia.
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Mar 2017 08:22
Last Modified: 22 Mar 2017 08:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11429

Actions (login required)

View Item View Item