MUTU SEDIAAN LIPSTIK DARI KOMBINASI EKSTRAK BIJI ANGGUR (Vitis vinifera) DAN EKSTRAK ANGKAK (Monascus purpureus)

Kristanti, Anysia Imada (2016) MUTU SEDIAAN LIPSTIK DARI KOMBINASI EKSTRAK BIJI ANGGUR (Vitis vinifera) DAN EKSTRAK ANGKAK (Monascus purpureus). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0BL01141.pdf

Download (639kB)
[img] Text (Bab I)
1BL01141.pdf

Download (238kB)
[img] Text (Bab II)
2BL01141.pdf

Download (633kB)
[img] Text (Bab III)
3BL01141.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text (Bab IV)
4BL01141.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Text (Bab V)
5BL01141.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu sediaan lipstik dari kombinasi ekstrak biji anggur dan ekstrak angkak dalam rangka mengurangi penggunaan bahan kimia pada pembuatan lipstik. Serangkaian pengujian yang dilakukan meliputi penentuan aktivitas antimikroba ekstrak biji anggur pada konsentrasi 1%, 1,5% dan 2% dan ekstrak angkak pada konsentrasi 4%, 8% dan 12% dengan metode sumuran terhadap Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa, uji sediaan lipstik yang meliputi uji angka lempeng total, uji angka kapang/khamir, uji homogenitas, uji oles, uji titik lebur, uji kekuatan dan uji stabilitas sediaan lipstik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Ekstrak biji anggur pada konsentrasi 2% dan ekstrak angkak pada konsentrasi 12% memberikan aktivitas antibakteri cukup besar terhadap bakteri Staphylococcus aureus. Ada beda nyata pada perlakuan konsentrasi ekstrak biji anggur dan ekstrak angkak terhadap aktivitas antibakteri Staphylococcus aureus tapi tidak beda nyata terhadap aktivitas antibakteri Pseudomonas aeruginosa. Berdasarkan pengolahan data pengujian ANOVA dan dilanjutkan dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Analisis uji Angka Lempeng Total menunjukkan ada beda nyata terhadap perlakuan pengenceran. Hasil mutu fisik sediaan lipstik ekstrak angkak 12% dan ekstrak biji anggur 2% menunjukkan bahwa sediaan menghasilkan tekstur yang homogen, daya oles yang cukup melekat pada saat dioleskan, titik lebur 58-59°C, kekuatan lipstik 96,44-97,44 gram, dan tidak ada perubahan signifikan selama 5 minggu penyimpanan baik terhadap warna, tekstur, bau dan rasa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak Biji Anggur, Ekstrak Angkak, lipstik, antibakteri, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus
Subjects: Teknobiologi > Tekno Industri
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Mar 2017 09:22
Last Modified: 22 Mar 2017 09:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11430

Actions (login required)

View Item View Item