SIHOMBING, TODO BILL (2017) ANALISIS KESELAMATAN LALU LINTAS DI JALAN WONOSARI, PIYUNGAN, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Todo Bill Sihombing)
130214605_Bab 0.pdf Download (764kB) | Preview |
|
Text (Bab I)
TS146051.pdf Download (557kB) |
||
Text (Bab II)
TS146052.pdf Download (568kB) |
||
Text (Bab III)
TS146053.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) |
||
Text (Bab IV)
TS146054.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
||
Text (Bab V)
TS146055.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (Bab VI)
TS146056.pdf Download (174kB) |
Abstract
Laju pertumbuhan penduduk dan meningkatnya jumlah kendaraan tak dapat dibatasi sehingga semakin besar kebutuhan setiap orang yang harus dipenuhi. Hal ini mengakibatkan bertambahnya kepadatan arus lalu lintas, keadaan ini membuat tak jarang terjadi kepadatan arus lalu lintas pada jam-jam sibuk seperti pagi hari dan sore hari sehingga banyak dari beberapa pengendara yang tidak menaati rambu-rambu lalu lintas dan tidak berhati-hati dalam berkendara yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Oleh sebab itu peran sarana dan prasarana transportasi mempunyai peranan penting dalam perkembangan arus lalu lintas dimana pertumbuhan sarana dan prasarana jalan harus dapat mengimbangi kepadatan arus lalu lintas di Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2016 sampai November 2016. Data primer yang digunakan adalah keadaan fisik dari lokasi penelitian di ruas Jalan Wonosari, Piyungan, Bantul, tata guna lahan, fasilitas pelengkap jalan dan pengukuran kecepatan kendaraan saat melintas di ruas Jalan Wonosari, Piyungan, Bantul. Data sekunder diperoleh dari instansi pemerintah yang berhubungan dengan Tugas Akhir yang dibuat, seperti data kecelakaan lau lintas dari Polri Daerah Istimewa Yogyakarta Resort Bantul Sektor Piyungan dan data geometrik jalan dari DPU Bina Marga Kota Yogyakarta setelah itu dianalisis menggunakan inventarisasi data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa lokasi kejadian kecelakaan lalu lintas pada Jalan Wonosari, Piyungan, Bantul selama 3 (tiga) tahun terbanyak terdapat pada km 1-2 dengan jumlah kecelakaan lalu lintas sebanyak 100 kasus. Angka kecelakaan pada tahun 2014-2016 yaitu sebanyak 26, 22 dan 16 kasus tidak melebihi nilai tingkat kecelakaan pada km 1-2 yaitu sebanyak 34 kasus sehingga pada jalan yang disurvei belum masuk dalam kategori black spot (lihat bab 3.2 poin pertama). Kecepatan kendaraan untuk sepeda motor tertinggi terjadi pada hari Sabtu jam 16.45-17.45 yaitu 67,13 km/jam, kecepatan kendaraan untuk kendaraan ringan tertinggi terjadi pada hari Selasa jam 08.30-09.30 yaitu 64,41 km/jam dan kecepatan kendaraan untuk kendaraan berat tertinggi terjadi pada hari Sabtu jam 16.45-17.45 yaitu 47,53 km/jam. upaya-upaya untuk menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas di km 1-2, dapat dengan membuat median jalan atau batas pemisah antara jalan satu dengan jalan di sebelahnya, memberikan rambu peringatan rawan kecelakaan 100 meter sebelum memasuki km 1-2, pemasangan rambu batas kecepatan yang diijinkan seperti batas kecepatan maksimum 40 km/jam, merawat marka jalan yang sudah pudar dan membersihkan rambu lalu lintas dari pepohonan yang menutupi rambu serta penambahan rambu peringatan berbahaya seperti traffic signal (lampu kuning berkedip).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan, black spot, fasilitas pelengkap jalan, kecepatan. |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 23 Mar 2017 19:44 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 18:58 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11443 |
Actions (login required)
View Item |