ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP TINGKAT PELAYANAN FASILITAS DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL PRESIDENTE NICOLAU LOBATO DILI

BERNARDO, FULGENCIO ASSUNÇÃO BARRETO ARAÚJO (2017) ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP TINGKAT PELAYANAN FASILITAS DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL PRESIDENTE NICOLAU LOBATO DILI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TS144380.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
TS144381.pdf

Download (474kB)
[img] Text (Bab II)
TS144382.pdf

Download (502kB)
[img] Text (Bab III)
TS144383.pdf

Download (953kB)
[img] Text (Bab IV)
TS144384.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text (Bab V)
TS144385.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI)
TS144386.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ketersediaan fasilitas dan pelayanan yang diberikan di bandar udara internasional Presidente Nicolau Lobato masih kurang memadai sehingga diperlukan adanya tingkat kepuasan penumpang. Penelitian Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan fasilitas di terminal kedatangan bandar udara dari jasa yang dialami dan jasa yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner kepada 175 responden yaitu penumpang bandar udara internasional Presidente Nicolau Lobato. Untuk mengetahui kuisioner sudah valid dan reliabel maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas dan reliablitas pada Tugas Akhir ini menggunakan bantuan software SPSS versi 20. Pengolahan data selanjutnya yaitu dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis dan dibahas berdasarkan kuadran masing-masing. Dari hasil analisis diketahui bahwa kinerja pelayanan fasilitas bandar udara internasional Presidente Nicolau Lobato yang dianggap sudah sesuai dengan kepentingan penumpang yaitu posisi peletakan baggage conveyor belt, tingkat kecepatan dalam pengambilan bagasi, tingkat ketertiban dalam proses pengambilan bagasi, jarak pandagn peletakan rambu, kelengkapan fasilitas toilet, ketersediaan air pada toilet, serta ada faktor yang dianggap belum sesuai dengan kepentingan penumpang seperti jumlah baggage conveyor belt, tingkat kelayakan baggage conveyor belt, luas ruang kedatangan tingkat pelayanan terhadap pengunjung, luas ruang imigrasi, tingkat pelayanan pemeriksaan paspor, tingkat kenyaman, luas area pengambilan bagasi, tingkat ketertiban dalam proses pemeriksaan bagasi sebelum keluar dan lebar pintu keluar pada jalur kedatangan. Selain itu ada faktor yang dianggap kurang penting oleh penumpang seperti kelengkapan fasilitas (pusat oleh-oleh, ATM, tempat makan) di area kedatangan, kebersihan di dalam ruang kedatangan, keamanan di ruang kedatangan, jumlah rambu, kemudahan dalam membaca rambu, posisi peletakan rambu, ketepatan dalam menggunakan simbol/bentuk rambu, kebersihan toilet, perawatan peralatan pada toilet dan total meja pemeriksaan paspor.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, validitas, reliabilitas, Importance Performnace Analysis.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Mar 2017 08:15
Last Modified: 24 Mar 2017 08:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11449

Actions (login required)

View Item View Item