POTENSI LIKUIFAKSI BERDASARKAN DATA CPT DAN SPT DI SEKITARAN JALAN RAYA YOGYA-SOLO YOGYAKARTA

MENTARI, APRIYANA KHARISMA (2016) POTENSI LIKUIFAKSI BERDASARKAN DATA CPT DAN SPT DI SEKITARAN JALAN RAYA YOGYA-SOLO YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TS144630.pdf

Download (1082Kb)
[img] Text (BAB I)
TS144631.pdf

Download (56Kb)
[img] Text (BAB II)
TS144632.pdf

Download (263Kb)
[img] Text (BAB III)
TS144633.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128Kb)
[img] Text (BAB IV)
TS144634.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438Kb)
[img] Text (BAB V)
TS144635.pdf

Download (57Kb)

Abstract

Gempa bumi merupakan fenomena alam yang tidak dapat dicegah. Gelombang gempa menimbulkan guncangan tanah pada suatu kondisi tertentu dan salah satunya dapat menyebabkan likuifaksi. Tanah yang mengalami likuifaksi dapat membahayakan bangunan yang ada di atasnya atau sering disebut dengan kegagalan struktur tanah (Kertapati, 1998). Pada penelitian ini, penulis meninjau lokasi di sekitar jalan raya Jogja-Solo yaitu pada proyek Jogjaone Park, Greeenpark Jogja Apartment and Resort, serta Ambarukmo Office. Untuk mengetahui potensi likuifaksi penulis menggunakan metode perbandingan nilai Cyclic Resistance Ratio (CRR) dan Cyclic Stress Ratio (CSR) yang kemudian didapatkan nilai Factor of Safety (FS), dimana FS merupakan nilai pegangan untuk menentukan suatu lokasi berpotensi terjadi likuifaksi atau tidak. Likuifaksi terjadi ketika nilai FS kurang dari satu. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu pada lokasi yang ditinjau penulis terdapat perbedaan pada nilai CRR antara data CPT dan SPT dimana CRR dari data CPT lebih besar dibandingkan dengan CRR dari data SPT. Hal ini akan berpengaruh pula pada nilai FS yang berbeda dari kedua data tersebut. Dari tiga lokasi yang ditinjau, nilai FS yang didapat bernilai lebih dari satu. Artinya pada lokasi tersebut tidak berpotensi terjadi likuifaksi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gempa bumi, likuifaksi, cyclic stress ratio (CSR), cyclic resistance ratio (CRR), factor of safety (FS)
Subjects: Sipil > Geo Teknik
Sipil > Geo Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 31 Mar 2017 09:16
Last Modified: 30 Oct 2017 07:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11486

Actions (login required)

View Item View Item