PENGARUH KUALITAS WEBSITE, EWOM, PERCEIVED BENEFITS, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP SIKAP PADA BELANJA ONLINE DI LAZADA

Kirana, Cristophora Dipta (2016) PENGARUH KUALITAS WEBSITE, EWOM, PERCEIVED BENEFITS, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP SIKAP PADA BELANJA ONLINE DI LAZADA. .. pp. 1-15. ISSN .

[img] Text (jurnal EM19930)
jurnal EM19930.pdf

Download (977Kb)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh dari kualitas website, EWOM, perceived benefits, dan kepercayaan terhadap sikap konsumen pada belanja online. Penelitian ini mengambil responden mahasiswa dari berbagai universitas. Jumlah sampel yang valid dan dipakai dalam penelitian ini adalah 186 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner online. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana, regresi linear berganda, dan mediasi. Hasil penelitian dari regresi linier sederhana menunjukkan bahwa variabel kualitas website secara keseluruhan berpengaruh positif pada variabel perceived benefits dan variabel kualitas website secara keseluruhan berpengaruh positif pada variabel EWOM. Sedangkan pada regresi linear berganda, hasil analisis menunjukkan bahwa perceived benefits, kepercayaan, dan kualitas website berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung pada sikap pada belanja online. EWOM sebagai variabel mediasi berfungsi memediasi hubungan antara variabel kualitas website dan kepercayaan dan hasilnya dapat diketahui bahwa kualitas website berpengaruh secara langsung pada kepercayaan dan secara tidak langsung juga berpengaruh pada kepercayaan melalui EWOM sebagai variabel pemediasi. Hubungan antara variabel kualitas website dan sikap terhadap belanja online dengan kepercayaan sebagai variabel pemediasi, setelah dianalisis dapat dilihat bahwa kualitas website berpengaruh secara langsung pada kepercayaan dan secara tidak langsung juga berpengaruh pada sikap pada belanja online melalui kepercayaan sebagai variabel pemediasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas Website, E-WOM, Perceived Benefits, Kepercayaan, Online Shopphing, Sikap Belanja Konsumen.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 May 2017 10:30
Last Modified: 19 May 2017 10:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11743

Actions (login required)

View Item View Item