ANALISIS BIAYA AKTIVITAS DENGAN PENDEKATAN TIME DRIVEN ACTIVITY BASED COSTING (Studi Kasus di Room Division Hotel Grand Zuri Duri)

Victory, . (2016) ANALISIS BIAYA AKTIVITAS DENGAN PENDEKATAN TIME DRIVEN ACTIVITY BASED COSTING (Studi Kasus di Room Division Hotel Grand Zuri Duri). .. pp. 1-15. ISSN .

[img] Text (Karya Ilmiah EA18811)
Karya Ilmiah EA18811.pdf

Download (1009Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) apakah waktu standar pengerjaan aktivitas di room division Hotel Grand Zuri Duri sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh manajer, (2) biaya bernilai tambah dan tidak bernilai tambah di room division Hotel Grand Zuri Duri, (3) Unused Capacity Cost yang dihasilkan di room division. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara : (1) wawancara ke manajer untuk memperoleh data mengenai aktivitas di room division dan ke bagian akuntansi untuk memperoleh data mengenai sumber daya ekonomi yang digunakan di room division, (2) observasi secara langsung di lapangan untuk mendapatkan data- data yang diperlukan. Dari hasil penelitian di room division Hotel Grand Zuri Duri diketahui: (1) seluruhaktivitas di room division masihmemilikiaktivitastidakbernilaitambahjikadibandingkandenganwaktustandar yang ditentukanolehmanajer, (2) besarnya total biayatidakbernilaitambah yang terjadipadaaktivitas di room division Hotel Grand ZuriDuripadatahun 2014 sebesarRp 47.975.641,58, (3) Unused Capacity Cost yang dihasilkan di Unit Aktivitas Administrasi sebesar Rp. 119.440.316,67. Hal ini terjadi karena. banyaknya karyawan yang tidak melakukan aktivitas karena tidak adanya aktivitas. Sementara Unused Capacity Cost di Unit Aktivitas Concierge menunjukkan hasil negatif sebesar Rp. 9.329.077,60 yang berarti aktivitas di unit ini sudah dijalankan dengan efektif dan efisien. Unused Capacity Cost juga menunjukkan hasil negatif sebesar Rp. 188.093.077,17 di Unit Aktivitas Housekeeping dan Laundry karena sebagian besar aktivitas yan g dilakukan menggunakan mesin yang bisa bekerja sendiri sementara karyawan melakukan aktivitas yang lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Bernilai Tambah, Aktivitas Tidak Bernilai Tambah, Activity-Based Management, Unused Capacity Cost
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 May 2017 08:14
Last Modified: 23 May 2017 08:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11763

Actions (login required)

View Item View Item