ANALISIS SISTEM PENJADWALAN PRODUKSI BERDASARKAN PESANAN PELANGGAN DENGAN METODE SEQUENCING (Studi Kasus pada Pabrik Tegel Cap Kunci Yogyakarta)

Pratiwi, Scholastica Mega Ratri (2016) ANALISIS SISTEM PENJADWALAN PRODUKSI BERDASARKAN PESANAN PELANGGAN DENGAN METODE SEQUENCING (Studi Kasus pada Pabrik Tegel Cap Kunci Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
EM195830.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
EM195831.pdf

Download (216MB)
[img] Text (Bab II)
EM195832.pdf

Download (216MB)
[img] Text (Bab III)
EM195833.pdf

Download (216MB)
[img] Text (Bab IV)
EM195834.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217MB)
[img] Text (Bab V)
EM195835.pdf

Download (217MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan sistem penjadwalan produksi terbaik yang dapat diimplementasikan di perusahaan, dengan meminimasi jumlah keterlambatan (lateness). Perusahaan Pabrik Tegel Cap Kunci Yogyakarta merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan ubin, yang melakukan produksi berdasarkan pesanan pelanggan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif. Beberapa teknik field research yang digunakan penulis yakni observasi not participant, wawancara, studi pustaka baik berasal dari dokume n perusahaan tentang data orderan, serta catatan produksi yang terkait dengan penjadwalan produksi. Analisis data dilakukan penulis mengunakan software POM for Windows 4.0 dengan modul Job Scheduling. Hasil penelitian dari pengolahan data orderan dengan deadline bulan Juli 2016, didapatkan bahwa setiap kategori tegel yakni tegel polos, tegel motif mudah, motif sedang dan motif sulit memiliki system penjadwalan produksi yang berbeda, hal ini disebabkan karena faktor demand yang probabilistic dan waktu proses produksi yang berbeda. Dari ke empat kategori produk yang ada, hanya satu kategori produk yakni tegel motif sulit yang sistem penjadwalan usulan dan metode yang digunakan oleh perusahaan sama yakni dengan metode EDD. Untuk ketiga kategori lain, yaitu tegel polos metode sistem penjadwalan yang diusulkan dengan menggunakan metode LPT. Pada kategori Tegel Motif mudah metode usulan penulis yakni LPT sedangkan untuk sistem penjadwalan tegel motif sedang metode usulan yakni metode penjadwalan SPT.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan Produksi Jangka Pendek, Sequencing Method, Make to Order (MTO).
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 May 2017 07:47
Last Modified: 26 May 2017 07:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11775

Actions (login required)

View Item View Item