Tanuwijaya, Sandra Dewi (2016) PENGARUH KARAKTERISTIK LINGKUNGAN TOKO DAN PERILAKU POSITIF EMOSIONAL KONSUMEN TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING: PENGUJIAN EFEK MODERASI FAKTOR SITUASIONAL. .. pp. 1-15. ISSN .
Text (Jurnal Ilmiah EM18854)
Jurnal Ilmiah EM18854.pdf Download (824kB) |
Abstract
Pembelian tanpa rencana yang dilakukan konsumen memberikan kontribusi pada peningkatan volume penjualan perusahaan. Pemasar harus mampu enstimuli / meningkatkan pengambilan keputusan pembelian tanpa rencana engan menggunakan berbagai macam strategi pemasaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi pengambilan pembelian tanpa rencana yaitu faktor respon emosi positif, karakteristik lingkuangan toko yang terdiri dari ambient, desain dan karakteristik sosial, serta karakteristik situasional yaitu ketersediaan waktu, ke tersediaan uang serta tugas atau peran seorang individu. Sampel penelitian sebanyak 200 orang responden (konsumen) konsumen toko modern seperti minimarket, supermarket, hypermarket dan lain sebagainya di Yogyakarta. asil penelitian yang dilakukan pada konsumen bisnis modern di Yogyakarta ini diketahui bahwa untuk meningkatkan pengambilan keputusan pembelian konsumen khususnya pada pembelian tanpa rencana dapat dilakukan dengan memberikan stimuli pada respon emosi positif konsumen dengan kebijakan perbaikan atau peningkatan karakteristik lingkungan toko yang terdiri dari: ambient, desain, karakteristik sosial, maupun memperhatikan faktor situasional. Tinggi atau rendahnya perilaku pembelian impulsif juga ditentukan oleh kemampuan finansial dari kosnumen.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karakteristik lingkungan toko, emosi positif, impulse buying, faktor situasional |
Subjects: | Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 26 May 2017 08:01 |
Last Modified: | 26 May 2017 08:02 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11777 |
Actions (login required)
View Item |