Respon Konsumen terhadap Tas Belanja Plastik Berbayar

Setiawan, Djodi (2016) Respon Konsumen terhadap Tas Belanja Plastik Berbayar. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
EM196430.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab I)
EM196431.pdf

Download (229kB)
[img] Text (Bab II)
EM196432.pdf

Download (329kB)
[img] Text (Bab III)
EM196433.pdf

Download (267kB)
[img] Text (Bab IV)
EM196434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text (Bab V)
EM196435.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti respon perilaku konsumen dilihat pada penentuan harga, pengaruh sosial, kesadaran, perbedaan jenis kelamin dan tingkat pendidikan mengenai pemasaran hijau tas belanja plastik berbayar. Penelitian ini menggunakan informan ibu rumah tangga, remaja putri, dan bapak-bapak yang menjadi konsumen di tempat perbelanjaan retail pasar swalayan yang ada di Kota Yogyakarta. Jumlah informan konsumen yang dipakai dalam penelitian ini ada dua konsumen ibu rumah tangga yang membawa tas belanja sendiri, dua konsumen ibu rumah tangga yang tidak membawa tas belanja sendiri, dua konsumen remaja putri dan dua konsumen bapak-bapak yang diminta berbelanja untuk membeli kebutuhan rumah tangga. Penetapan informan dilakukan dengan survei awal untuk mendapatkan kriteria yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Dari empat belas orang yang mengikuti proses survey awal, hanya delapan informan perempuan dan laki-laki yang memenuhi kriteria. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Grounded Theory dengan melakukan wawancara mendalam (indepth interview). Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa harga tas belanja plastik berbayar seharga Rp 200,00 masih dianggap murah dan konsumen masih bersedia membayarnya. Kesadaran konsumen untuk mengurangi penggunaan tas belanja plastik yang berlebih yang dapat mencemari lingkungan masih sangatlah kurang. Begitu juga dengan sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah atau pihak-pihak tertentu untuk mempengaruhi masyarakat mengurangi penggunaan tas belanja plastik dan dampak negatifnya juga masih sangat kurang. Dalam penelitian ini juga menemukan bahwa secara garis besar perbedaan jenis kelamin dan tingkat pendidikan mempengaruhi respon perilaku konsumen untuk berperilaku hijau mengenai penggunaan tas belanja plastik berbayar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Hijau, Harga Tas Belanja Plastik Berbayar, Kesadaran Konsumen, Pengaruh Sosial, Perbedaan Jenis Kelamin, dan Tingkat Pendidikan.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Jun 2017 08:52
Last Modified: 05 Jun 2017 08:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11813

Actions (login required)

View Item View Item