PERANCANGAN LEMARI UNTUK PESERTA DIDIK DI TK KANISIUS PINGITAN YOGYAKARTA

KURNIANTO, MARIO DWI (2017) PERANCANGAN LEMARI UNTUK PESERTA DIDIK DI TK KANISIUS PINGITAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TI072490.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
TI072491.pdf

Download (291kB)
[img] Text (Bab II)
TI072492.pdf

Download (753kB)
[img] Text (Bab III)
TI072493.pdf

Download (157kB)
[img] Text (Bab IV)
TI072494.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text (Bab V)
TI072495.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI)
TI072496.pdf

Download (14MB)

Abstract

TK Kanisius Pingitan merupakan TK yang berada dibawah naungan yayasan Kanisius Yogyakarta. TK ini berada di Jalan Pingitan, Sumberarum, Moyudan, Sleman, DIY. Seperti TK pada umumnya, TK Kanisius Pingitan juga memiliki beberapa fasilitas penunjang aktivitas KBM. Salah satu fasilitas tersebut adalah lemari penyimpanan yang biasa digunakan untuk menyimpan mainan anak-anak. Penelitian pendahuluan dilakukan dengan wawancara terbuka terhadap guru dan murid di TK Kanisius Pingitan. Hasil wawancara menyatakan bahwa lemari penyimpaan digunakan untuk menyimpan seluruh mainan anak-anak dan mainan tersebut tercampur satu sama lain. Lemari tersebut juga digunakan untuk menjadi media display untuk hasil karya anak-anak. Tinggi lemari juga seukuran tinggi tubuh orang dewasa, sehingga murid kesusahan untuk menggunakan lemari. Tujuan penelitian ini adalah melakukan perancangan media display dengan memperhatikan aspek ukuran tubuh peserta didik dan pengelompokan mainan sehingga fasilitas tersebut dapat menampilkan hasil karya dengan baik serta dapat digunakan oleh peserta didik. Analisis yang pertama dilakukan adalah melakukan perbandingan antara fasilitas lemari yang ada dengan keinginan dan kebutuhan penggunanya. Analisis selanjutnya adalah pengukuran postur pengguna saat menggunakan lemari awal. Metode perancangan yang dilakukan menggunakan metode rasional yang terdiri dari 7 tahapan yang berkaitan satu sama lain. Hasil dari penelitian ini adalah lemari hasil rancangan dapat digunakan murid dengan baik terbukti dengan adanya penurunan level resiko saat penilaian postur kerja. Lemari hasil rancangan menggunakan pintu kaca geser sehingga dapat menampilkan hasil karya dengan baik. Tempat penyimpanan lemari juga dapat digunakan untuk menyimpan mainan yang biasa digunakan anak-anak dengan rapi dan tidak saling bertumpuk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lemari, Metode Rasional, Perancangan, REBA
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Jun 2017 11:45
Last Modified: 07 Jun 2017 11:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11825

Actions (login required)

View Item View Item