LANGKAH-LANGKAH HUMAS KEMENTERIAN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI DALAM MANAJEMEN ISU

KUSUMANINGRUM, YOSELITA FEBRIANA (2012) LANGKAH-LANGKAH HUMAS KEMENTERIAN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI DALAM MANAJEMEN ISU. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03075.pdf

Download (1124Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03075.pdf

Download (158Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03075.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03075.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03075.pdf

Download (2684Kb)

Abstract

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) merupakan kementerian yang bertanggungjawab terhadap permasalahan tenaga kerja dan transmigrasi Negara Republik Indonesia. Dewasa ini, Kemenakertrans sedang menghadapai banyak terpaan isu seputar tenaga kerja juga isu dalam bidang transmigrasi. Isu adalah peristiwa yang terjadi di luar kendali perusahaan, yang berdampak pada tujuan strategis perusahaan, core business-nya dan keberadaan perusahaan yang mungkin memerlukan respons tertentu dari perusahaan. (Nova,2011: 239) Isu-isu tersebut meliputi isu mengenai upah buruh dan kesejahteraan buruh, setiap tahunnya ketika hari buruh sedunia diperingati pada tanggal 1 Mei 2012, buruh-buruh di Indonesia akan melakukan demo untuk menuntut kesejahteraan mereka. Begitu pula dengan isu mengenai kekerasan yang dialami oleh TKI yang bekerja di luar negeri, berita tersebut seperti tidak pernah habis diberitakan, dan semakin memuncak ketika ada satu TKI yang dikenai hukuman mati. Kemenakertrans mendapatkan pukulan keras dari masyarakat karena tidak dapat mencegah hal tersebut. Begitu pula halnya dengan maslaah transmigrasi, masih banyak sengketa lahan yang terjadi sehingga program transmigrasi belum berjalan dengan baik. Pembahasan dalam penelitian ini akan difokuskan dalam isu mengenai kekerasan TKI, merupakan tugas humas Kemenakertrans untuk mengatasi masalah ini. Manajemen isu dibutuhkan agar isu-isu tersebut tidak berkembang menjadi sebuah krisis yang dapat menurunkan citra organisasi. Manajemen isu merupakan fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap masyarakat, baik internal maupun eksternal, mengidentifikasi hal-hal atau masalah yang patut dikhawatirkan dan melakukan usaha-usaha ke arah perbaikan. Selain itu Wongsonagoro dalam Nova (2011: 248) mendefiniskan manajemen isu sebagai suatu usaha aktif untuk ikut serta memengaruhi dan membentuk persepsi, opini, dan sikap masyarakat yang mempunyai dampak terhadap perusahaan. Penelitian ini menjelaskan mengenai langkah-langkah humas Kemenakertrans dalam melakukan manajemen isu serta aplikasinya dalam bentuk program kerja dalam upaya mengelola isu mengenai kekerasan yang dialami oleh TKI.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Isu Kekerasan TKI, Manajemen Isu, Media, Humas Pemerintah
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 May 2013 10:09
Last Modified: 01 May 2013 10:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1185

Actions (login required)

View Item View Item