PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2011-2015)

Bahy, Wilfred Boro (2017) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2011-2015). .. pp. 1-14. ISSN .

[img] Text (artikel MM52334)
artikel MM52334.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2011-2015). Populasi dalam penelitian ini adalah 143 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI 2011-2015, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling berdasarkan kriteria dan diperoleh sampel 10 perusahaan manufaktur. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang diperoleh dengan cara men-download dari website Indonesia Stock Exchange (www.idx.co.id). Corporate social responsibility (CSR) diukur dengan Corporate Social Responsibility Disclosure Index (CSRDI) atau indeks pengungkapan tangung jawab sosial perusahaan. Kinerja keuangan perusahaan diukur dengan Return on asset (ROA), Return On Equity (ROE), Profit Margin (PM), Tobin’s Q, Erning Per Share (EPS), dan Economic Value Added (EVA). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa corporate social responsibility (CSR) berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan Profit Margin (PM) dan Earning Per Share (EPS), sedangkan tidak berpengaruh terhadap Return on asset (ROA), Return On Equity (ROE), Tobin’s Q, dan Economic Value Added (EVA).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Corporate social responsibility (CSR), Kinerja Keuangan
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Keuangan
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Jun 2017 12:38
Last Modified: 16 Jun 2017 12:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11883

Actions (login required)

View Item View Item