PEMANFAATAN BAKTERI INDIGENUS PADA REMEDIASI LIMBAH CAIR BATIK PEWARNAAN REMAZOL HITAM DENGAN MEDIUM LUMPUR AKTIF

MAYLA, DISA (2017) PEMANFAATAN BAKTERI INDIGENUS PADA REMEDIASI LIMBAH CAIR BATIK PEWARNAAN REMAZOL HITAM DENGAN MEDIUM LUMPUR AKTIF. .. i-13.

[img] Text (Jurnal BL01245)
JURNAL.pdf

Download (723kB)

Abstract

Industri batik merupakan salah satu penghasil limbah cair yang berasal dari proses pewarnaan. Pada penelitian ini akan dilakukan pengolahan limbah cair industri batik secara biologis atau lebih dikenal dengan bioremediasi. Salah satu pengolahan yang dilakukan dengan metode biologi adalah metode yang memanfaatkan agen biologi seperti mikroorganisme untuk menguraikan material yang terkandung didalam air limbah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bakteri indigenus dalam meremidiasi limbah cair pewarna remazol hitam pada industri batik melalui metode lumpur aktif. Isolasi dan karakterisasi bakteri yang berasal dari limbah cair remazol hitam menghasilkan 2 isolat dominan yang dinamakan bakteri DM1 dan DM2. Isolat bakteri DM1 yang termasuk ciri-ciri genus Bacillus dan DM2 cenderung termasuk genus Pseudomonas. Hasil yang didapatkan selama penelitian delapan hari proses degradasi limbah cair batik remazol hitam dengan empat perlakuan (DM1, DM2, campuran dan kontrol) mampu meremediasi limbah cair batik remazol hitam yang masing-masing memiliki kemampuan berbeda. Isolat bakteri DM campuran paling efektif dalam mendegradasi limbah cair batik remazol hitam. DM campuran mampu menurunkan konsentrasi TSS sebesar 53,26%, TDS sebesar 66,78%, BOD sebesar 66,52%, logam Zn yaitu sebesar 95,26% dan logam Cr yaitu sebesar 61,53%. Parameter logam berat Zn dan Cr sudah berada dibawah baku mutu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Limbah cair industri batik, limbah cair remazol hitam, lumpur aktif, bakteri indigenus, bioremediasi
Subjects: Teknobiologi > Tekno Lingkungan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Jun 2017 08:12
Last Modified: 21 Jun 2017 08:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11894

Actions (login required)

View Item View Item