KONTRIBUSI WOM SEBAGAI PEMEDIASI PENGARUH DESTINATION AWARENESS, DESTINATION IMAGE, DAN MOTIVASI TERHADAP TOURIST VISITATION (Studi pada Destinasi Wisata Pantai di Kawasan Gunungkidul)

Sulaksmono, Petrus David (2017) KONTRIBUSI WOM SEBAGAI PEMEDIASI PENGARUH DESTINATION AWARENESS, DESTINATION IMAGE, DAN MOTIVASI TERHADAP TOURIST VISITATION (Studi pada Destinasi Wisata Pantai di Kawasan Gunungkidul). .. pp. 1-15. ISSN .

[img] Text (RINGKASAN SKRIPSI EM20116)
RINGKASAN SKRIPSI EM20116.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Word of Mouth (WOM) sebagai pemediasi pengaruh destination awareness, destination image, dan motivasi terhadap tourist visitation (kunjungan wisatawan) ke pantai di kawasan Gunungkidul Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui perbedaan persepsi wisatawan yang berkunjung ke pantai di kawasan Gunungkidul berdasarkan domisili wisatawan, tingkat pendapatan atau uang saku wisatawan, dan intensitas berkunjung wisatawan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui metode survey dengan menggunakan alat bantu berupa kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, analisis mediasi menurut teori Baron dan Kenny (1986) yang disempurnakan oleh Zhao et al. (2010), dan analisis uji beda dengan one way anova. Hasil penelitian ini menemukan bahwa WOM memediasi sebagian pengaruh destination awareness, destination image, dan motivasi terhadap tourist visitation (kunjungan wisatawan) ke pantai di kawasan Gunungkidul Yogyakarta. Uji perbedaan persepsi wisatawan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi wisatawan terhadap pantai di kawasan Gunungkidul Yogyakarta berdasarkan intensitas berkunjung, sementara itu tidak ada perbedaan persepsi wisatawan berdasarkan domisili wisatawan dan tingkat pendapatan atau uang saku wisatawan. Simpulan dari penelitian ini adalah WOM berkontribusi dalam pengaruh destination awareness, destination image, dan motivasi terhadap tourist visitation (kunjungan wisatawan) ke pantai di kawasan Gunungkidul Yogyakarta.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: destination awareness, destination image, motivasi, WOM, tourist visitation
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Jul 2017 08:14
Last Modified: 26 Jul 2017 08:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11987

Actions (login required)

View Item View Item