PENGARUH TANTANGAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA GAME ONLINE MMORPG DENGAN KETERGANTUNGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Sumawan, Oscarvile Nandra (2017) PENGARUH TANTANGAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA GAME ONLINE MMORPG DENGAN KETERGANTUNGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. .. pp. 1-13. ISSN .

[img] Text (JURNAL ILMIAH EM19557)
RINGKASAN SKRIPSI EM20116.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permainan online (game online) adalah aktivitas yang dilakukan untuk fun atau menyenangkan yang memiliki aturan sehingga ada yang menang dan ada yang kalah (Kamus Macmillan, 2011). Dalam bermain game, pemain selalu berusaha untuk mengalahkan atau menjadi pemenang dalam suatu permainan game. Hal ini merupakan sebuah bentuk tantangan (challenge) yang disajikan pada setiap permainan game online. Permainan game online dimainkan oleh banyak orang. Hal inilah yang menyebabkan tingginya tingkat ketergantungan (interdependence) pemain game online antara satu dengan yang lainnya. Semakin tinggi tingkat ketergantungan seseorang dalam bermain game online dengan orang lain (pemain yang lain) akan semakin meningkatkan loyalitasnya pada permainan game online tersebut (Teng et al., 2012). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh tantangan bermain game online memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pemain game online, pengaruh tantangan bermain game online memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ketergantungan bermain game online, pengaruh ketergantungan bermain game online memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pemain game online serta peranan ketergantungan bermain game online dalam memediasi pengaruh tantangan bermain game online terhadap loyalitas pemain game online. Penelitian dilakukan pada siswa SMA dan mahasiswa di wilayah Kodya Yogyakarta dan Kabupaten Sleman yang gemar bermain game online jenis MMORPG seperti Dota 2, League of Legends, Counter Strike dan Mobile Legends secara rutin dalam 6 bulan terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan dalam permainan game online memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas bermain game online, tantangan dalam permainan game online memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap ketergantungan bermain game online, ketergantungan dalam permainan game online mampu memprediksi 53% perubahan loyalitas bermain game online dan ketergantungan dalam bermain game online memediasi sebagian pengaruh tantangan dalam permainan game online terhadap loyalitas untuk bermain game online.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tantangan dalam permainan game online, Ketergantungan dalam bermain game online, Loyalitas untuk bermain game online
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Jul 2017 08:26
Last Modified: 27 Jul 2017 08:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11991

Actions (login required)

View Item View Item