PEMODELAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PADA UNIVERSITAS ORIENTAL DE TIMOR LOROSA’E UNTUK MENDUKUNG PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI

Soares, Sergio (2017) PEMODELAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PADA UNIVERSITAS ORIENTAL DE TIMOR LOROSA’E UNTUK MENDUKUNG PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
MTF024450.pdf

Download (991kB)
[img] Text (Bab I)
MTF024451.pdf

Download (281kB)
[img] Text (Bab II)
MTF024452.pdf

Download (186kB)
[img] Text (Bab III)
MTF024453.pdf

Download (210kB)
[img] Text (Bab IV)
MTF024454.pdf

Download (155kB)
[img] Text (Bab V)
MTF024455.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Bab VI)
MTF024456.pdf

Download (145kB)

Abstract

Arsitektur enterprise dimodelkan dengan tujuan untuk mencapai keselarasan antara teknologi informasi dan bisnis bagi kebutuhan organisasi. Membangun perencanaan dengan mendefenisikan terlebih dahulu arsitektur data, aplikasi dan teknologi untuk mendukung seluruh proses bisnis dapat menjadi suatu sistem yang terpadu. Universitas Oriental Timor Lorosa’e (UNITAL) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Timor Leste dimana pengembangan sistem informasi saat ini belum terintegrasi dan masih bersifat konvensional dalam kubutuhan proses bisnis yang ada. Tujuan dari penelitian ini membuat model arsitektur enterprise yang bisa digunakan oleh UNITAL untuk mencapai tujuan perencanaan strategis sistem informasi integrasi yang selaras dengan visi, misi organisasi serta menjadi lebih efisien dan efektif. Pemodelan ini menerapkan metotodologi TOGAF dengan melakukan tahapan dalam Achitecture Development Method (ADM) yang bersifat fleksibel, detail dan mudah digunakan. Hasil perencanaan arsitektur enterprise berupa cetak biru sistem informasi untuk data, aplikasi dan teknologi. Sehingga berguna sebagai landasan bagi pengembangan sistem informasi secara keseluruhan yang lebih baik dalam proses bisnis dan mencapai tujuan strategis UNITAL.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Strategis, Sistem Informasi, TOGAF ADM, UNITAL.
Subjects: Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Aug 2017 10:39
Last Modified: 08 Aug 2017 10:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12015

Actions (login required)

View Item View Item