PROSES BRANDING “COKRO TELA CAKE” DALAM MEMBENTUK POSITIONING SEBAGAI MAKANAN OLAHAN KETELA YANG MODERN PADA TAHUN 2009 – 2014

Trisnaningtyas, Dwinda Aneswari (2012) PROSES BRANDING “COKRO TELA CAKE” DALAM MEMBENTUK POSITIONING SEBAGAI MAKANAN OLAHAN KETELA YANG MODERN PADA TAHUN 2009 – 2014. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03409.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03409.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03409.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03409.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03409.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Cokro Tela Cake, merupakan salah satu toko oleh-oleh khas Yogyakarta yang menyediakan cake yang berbahan baku tepung ketela atau “wokaf”. Kota Yogyakarta, merupakan salah satu penghasil ketela terbesar di Indonesia. Sayangnya, ketela tidak memiliki image yang cukup baik di Kota Yogyakarta. Masyarakat Yogyakarta, sering menganggap ketela sebagai makananan yang kampungan atau “ndeso”, padahal gizi yang terkandung pada ketela sangat baik untuk kesehatan. Maka dari itu, Cokro Tela Cake hadir untuk mengangkat citra dari ketela. Jumlah produksi ketela dan gizi yang terkandung di dalamnya merupakan strength atau kekuatan serta peluang untuk mem – branding Cokro Tela Cake sehingga menghasilkan positioning sebagai makanan olahan ketela yang modern. Penelitian ini menggunakan teori Duane E. Knapp yang disebut Doktrin Brand Strategy, adalah lima langkah pedoman tindakan merek tertulis Cokro Tela Cake untuk menentukan brand promise, menciptakan perubahan paradigma merek dan mendapatkan keunggulan kompetitif yang terus-menerus dan pada akhirnya keseluruhan proses branding ini akan membentuk posisi tertentu di dalam benak target market yang disebut dengan positioning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses branding yang sedang dilakukan oleh manajemen Cokro Tela Cake dalam membentuk positioning sebagai makanan olahan ketela yang modern. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif bertujuan untuk mengenal, mendapatkan serta memberikan gambaran atau paradigma mengenai suatu gejala. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengumpulan data, in-depth interview/ wawancara dan observasi. Narasumber merupakan pihak dari manajemen Cokro Tela Cake yang memiliki keterkaitan dengan fokus penelitian. Wawancara juga dilakukan dengan target market branding Cokro Tela Cake untuk mengetahui positioning yang terbentuk. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa branding yang dilakukan oleh Cokro Tela Cake dengan posisi sebagai makanan olahan ketela yang modern sangat terkait dengan faktor image. Referensi utama dalam branding ini adalah visi dari owner yaitu Firmansyah Budi Prasetyo. Implementasi branding dilapangan, manajemen menggunakan berbagai media komunikasi yang dibuat oleh tim dalam manajemen itu sendiri. Peningkatan kualitas Cokro Tela Cake dari berbagai aspek terus dilakukan, agar tercipta nuansa branding tersebut. Keberhasilan branding ini menarik perhatian media massa dalam mempublikasikan dan membantu menguatkan promosi Cokro Tela Cake sebagai makanan olahan ketela yang modern. Saat ini Cokro Tela Cake telah memiliki kelangkapan branding yang cukup baik dan juga memiliki masterplan lima tahunan. Cokro Tela Cake telah menyadari bahwa strategi komunikasi atau promosi sifatnya penting, namun implementasi di lapangan belum maksimal karena belum adanya divisi khusus yang menangani fokus pada branding ini. Hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen Cokro Tela Cake menyadari pentingnya strategi komunikasi pemasaran, namun implementasinya belum maksimal. Saran yang dapat diberikan untuk manajemen adalah membentuk tim yang menangani khusus branding Cokro Tela Cake, baik dari segi online dan offline agar komunikasi di lapangan dapat terjalin dengan baik dengan target market.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Branding, Doktrin Brand Strategy, Positioning
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 May 2013 11:08
Last Modified: 01 May 2013 11:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item View Item