Rahardjo, Stefani (2012) PERAN PENEMPATAN BILLBOARD TIMBUL SEBAGAI MEDIA LUAR RUANG DALAM MEMPERKUAT BRAND IMAGE (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Peran Billboard Timbul Coca-Cola daerah Babarsari, Sleman, Yogyakarta sebagai media luar ruang dalam memperkuat Brand Image Coca-Cola pada target audiens Coca-Cola ). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03442.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03442.pdf Download (426kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03442.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03442.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03442.pdf Download (342kB) | Preview |
Abstract
Persaingan yang terjadi untuk menumbuhkan dan memperkuat citra sebuah produk di mata masyarakat semakin terlihat kreatif dalam beberapa media tertentu. Dalam hal ini, bentuk kreatif pada media billboard menjadi stimulus bagi audiens untuk membentuk dan memperkuat citra Coca-Cola sebagai sesuatu yang menarik perhatian dan menyampaikan pesan untuk target sasaran Coca-Cola. Data yang diperoleh dari hasil wawancara di lapangan kepada 16 informan kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara rinci mengenai peran penempatan billboard Coca-Cola terhadap citra. Pendapat para informan baik laki-laki dan perempuan mampu mendeskripsikan dan memahami maksud dari iklan ini. Perbedaan jenis kelamin pada penelitian ini memberikan hasil berbeda pada pernyataan kesan billboard ini dan inovasi yang ada. Apabila dilihat pada iklan ini, iklan ini sangat kuat pada bagian visual dan inovasi bentuk media, sehingga sekali melihat iklan ini mereka mampu mengingat, senang dan bangga terhadap Coca-Cola yang melakukan inovasi promosi yang berbeda dan menarik. Masyarakat beranggapan bahwa iklan ini sangat kuat pada bagian visual dan inovasi bentuk media, sehingga sekali melihat iklan ini mereka mampu mengingat, senang dan bangga terhadap Coca-Cola yang melakukan inovasi promosi yang berbeda dan menarik. Konsep kreatif yang diangkat melalui media luar ruang, pemahaman media luar ruang yang biasanya dianggap orang hanya media biasa yang tidak bisa dibuat inovasi yang berbeda tetapi Coca-Cola mampu berinovasi dan menarik perhatian masyarakat dan memberikan kesan yang dalam untuk mengingat Brand Coca-Cola. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran penempatan billboard sebagai media luar ruang dalam memperkuat image juga berkaitan dengan komponen iklan ini sendiri dan pesan yang yang ingin disampaikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand Image, Billboard, dan Komponen Visual |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 01 May 2013 11:17 |
Last Modified: | 01 May 2013 11:17 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1205 |
Actions (login required)
View Item |