PENGARUH KREDIBILITAS KOMUNIKATOR DAN KREDIBILITAS PESAN KOMUNIKASI WORD OF MOUTH TERHADAP MOTIVASI MEMBELI PRODUK Studi Eksplanatif pada Mahasiswa Komunikasi FISIP UAJY Angkatan 2009 dan 2010 Terhadap Motivasi Membeli Produk Oriflame)

Resmaningrum, Anjarsari (2012) PENGARUH KREDIBILITAS KOMUNIKATOR DAN KREDIBILITAS PESAN KOMUNIKASI WORD OF MOUTH TERHADAP MOTIVASI MEMBELI PRODUK Studi Eksplanatif pada Mahasiswa Komunikasi FISIP UAJY Angkatan 2009 dan 2010 Terhadap Motivasi Membeli Produk Oriflame). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03469.pdf

Download (517Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03469.pdf

Download (341Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03469.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03469.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03469.pdf

Download (2100Kb)

Abstract

Penelitian yang berjudul PENGARUH KREDIBILITAS KOMUNIKATOR DAN KREDIBILITAS PESAN KOMUNIKASI WORD OF MOUTH TERHADAP MOTIVASI MEMBELI PRODUK ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas komunikator dan kredibilitas pesan komunikasi word of mouth terhadap motivasi membeli produk. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara kredibilitas komunikator dan kredibilitas pesan komunikasi word of mouth secara parsial dan simultan terhadap motivasi membeli produk dengan dan tanpa variabel kontrol yang dalam penelitian ini adalah jenis kelamin serta uang saku/pendapatan. Sedangkan teori yang dipakai adalah teori mengenai komunikasi word of mouth, teori kredibilitas komunikator, teori kredibilitas pesan, dan teori motivasi membeli dengan merujuk pada teori kebutuhan Maslow. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksplanatori. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Komunikasi FISIP Atma Jaya Yogyakarta angkatan 2009 dan 2010. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling, jumlah sampel yang dipakai pada penelitian ini adalah sebanyak 83 responden. Hipotesis yang diajukan oleh peneliti adalah; terdapat pengaruh yang signifikan antara kredibilitas komunikator (X1) dan kredibilitas pesan (X2) secara parsial terhadap motivasi membeli (Y), terdapat pengaruh yang signifikan antara kredibilitas komunikator (X1) dan kredibilitas pesan (X2) secara simultan terhadap motivasi membeli (Y), serta jenis kelamin (Z1) dan uang saku/pendapatan (Z2) akan mengontrol pengaruh antara kredibilitas komunikator (X1) dan kredibilitas pesan (X2) terhadap motivasi membeli (Y). Teknik pengukuran data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala likert dan skala guttman. Sedangkan analisis data dengan menggunakan teknik korelasi parsial dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji validitas, semua instrument menghasilkan koefisien korelasi lebih besar dari 0,361 dinyatakan valid. Sedangkan uji reliabilitas untuk semua variabel bernilai lebih dari 0,6 dan dinyatakan reliabel. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, terdapat hubungan yang bernilai positif dan searah antara X1, X2, dengan Y dengan kategori hubungan antara X1, X2, dengan Y masuk ke dalam kategori tingkat hubungan yang sedang, terdapat pengaruh secara bersama-sama antara kredibilitas komunikator X1) dan kredibilitas pesan (X2) dengan motivasi membeli (Y). Nilai koefisien determinasi sebesar 0,312, artinya sebesar 31,2% variabel motivasi membeli dapat dijelaskan oleh variabel kredibilitas komunikator (X1) dan kredibilitas pesan X2), sedangkan sisanya 68,8% (100%- 31,2%) dijelaskan oleh variabel lain diluar model dalam penelitian ini. Berdasarkan kesimpulan diatas, dapat diketahui bahwa komunikasi dari mulut ke mulut atau komunikasi word of mouth merupakan strategi marketing yang konvensional namun dapat meningkatkan motivasi membeli konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 May 2013 11:29
Last Modified: 01 May 2013 11:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1207

Actions (login required)

View Item View Item