STUDI URBAN MORFOLOGI KAWASAN TAMANSARI YOGYAKARTA Urban Morfologi Dalam Mendukung Optimalisasi Potensi Fisik Kawasan Bersejarah

Wardhana, Yean Aria WIsnu (2017) STUDI URBAN MORFOLOGI KAWASAN TAMANSARI YOGYAKARTA Urban Morfologi Dalam Mendukung Optimalisasi Potensi Fisik Kawasan Bersejarah. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
MTA024690.pdf

Download (10MB)
[img] Text (Bab I)
MTA024691.pdf

Download (26MB)
[img] Text (Bab II)
MTA024692.pdf

Download (37MB)
[img] Text (Bab III)
MTA024693.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40MB)
[img] Text (Bab IV)
MTA024694.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127MB)

Abstract

Urban morphology menganalisa evolusi dan perubahan dari urban system serta identifikasi urban character dan identitas kawasan, berdasarkan urban intrinsic logic ( non-physical elements) dan urban extrinsic logic (physical elements). Kawasan Taman sari kaya aspek sejarah sebagai bagian perkembangan Kerajaan Mataram secara khusus dan Kota Yogyakarta secara umum sebagai Kota Budaya dan Wisata, dengan landasan cultural, keunikan lingkungan, dan prospek urban tourism yang berimbas pada perkembangan perekonomian masyarakat. Dampak perubahan morfologi karena perkembangan organic settlements dalam menciptakan pola sirkulasi dan activity support yang tidak teratur terhadap image dan nilai pariwisata, merupakan permasalahan penelitian ini. Metode tissue analysis of urban space and urbang form digunakan dengan tahap evidence, collecting and organizing, evaluating, and narrative, untuk menemuka pola transformasi morfologi dan tema kawasan. Transformasi elemen landscape Tamansari berupa addition, customize dan transform, serta bentuk urban square tipe large-scale composite form dengan tipe irregular street pattern dan tipe compounded organic settlements (kombinasi banded dan tree type). Penelitian ini merekomendasikan guidelines penataan hjalur sirkulasi yang mendukung pemasaran potensi aktivitas pendukung dan wisata arkeologi kawasan Tamansari secara optimal berdasarkan kajian aspek urban morfologi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Urban morphology, Urban Tourism, Organic Settlement, Activity Support, Tamansari Yogykarta
Subjects: Magister Teknik Arsitektur > Digital Arsitektur
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Aug 2017 09:01
Last Modified: 16 Aug 2017 09:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12077

Actions (login required)

View Item View Item