Pembangunan Sistem Rekomendasi Pariwisata Nusa Tenggara Timur Menggunakan Metode User-Based Collaborative Filtering

Manjur, Febriani Sriwulan (2017) Pembangunan Sistem Rekomendasi Pariwisata Nusa Tenggara Timur Menggunakan Metode User-Based Collaborative Filtering. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TF074610.pdf

Download (989kB)
[img] Text (Bab I)
TF074611.pdf

Download (423kB)
[img] Text (Bab II)
TF074612.pdf

Download (198kB)
[img] Text (Bab III)
TF074613.pdf

Download (530kB)
[img] Text (Bab IV)
TF074614.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img] Text (Bab V)
TF074615.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab VI)
TF074616.pdf

Download (1MB)

Abstract

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai berbagai macam potensi wisata. Tidak sedikit wisatawan datang untuk mengunjungi tempat wisata tersebut, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Banyaknya tempat wisata yang ditawarkan Provinsi NTT membuat wisatawan bingung untuk menentukan pilihan tempat wisata mana yang akan dikunjungi. Ketika memutuskan untuk berkunjung ke sebuah tempat wisata kadangkala para wisatawan belum mengetahui apakah tempat wisata yang hendak dikunjungi tersebut sesuai atau tidak dengan keinginannya. Bahkan ada wistawan yang merasa kurang puas ketika berkunjung ke tempat wisata di NTT karena wisatawan tersebut salah memilih tempat wisata yang ditujunya tersebut. Dewasa ini perkembangan teknologi semakin pesat, maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu wisatawan dalam hal memberikan informasi dan rekomendasi suatu tempat wisata kepada mereka. Sistem yang hendak dibangun diharapkan dapat memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat.Oleh karena itu maka dibangunlah sebuah Sistem Rekomendasi Pariwisata. Sistem yang hendak dibangun ini bertujuan memberikan rekomendasi tempat wisata kepada wisatawan. Sistem rekomendasi ini akan dibangun dengan menggunakan metode User-based Collaborative Filtering untuk mencari kesamaan antara pengguna kemudian menggunakan algoritma Jaccard Coefficient untuk mendapatkan nilai kesamaan tertinggi yang dijadikan acuan dalam pemberian rekomendasi. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework Code Ignter. Sistem ini menghasilkan rekomendasi potensi wisata yang sesuai dengan keinginan wisatawan. Selain memberikan rekomendasi, sistem ini juga akan memberikan informasi terkait potensi wisata yang ada. Dengan adanya sistem ini, wisatawan semakin mudah untuk mendapatkan tempat wisata yang sesuai sehingga wisatawan merasa puas dan senang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Sistem Rekomendasi, Nusa Tenggara Timur, User-based Collaborative Filtering, Jaccard Coefficient, Code Igniter
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Sep 2017 14:23
Last Modified: 14 Sep 2017 09:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12375

Actions (login required)

View Item View Item