Rancang Bangun Sistem Informasi Pasar Tani Terintegrasi Dengan Pengaksesan Database Pusat Menggunakan API Untuk Kawasan Pedesaan

Lestari, Florentina Yuly (2017) Rancang Bangun Sistem Informasi Pasar Tani Terintegrasi Dengan Pengaksesan Database Pusat Menggunakan API Untuk Kawasan Pedesaan. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TF072660.pdf

Download (729kB)
[img] Text (Bab I)
TF072661.pdf

Download (218kB)
[img] Text (Bab II)
TF072662.pdf

Download (414kB)
[img] Text (Bab III)
TF072663.pdf

Download (457kB)
[img] Text (Bab IV)
TF072664.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text (Bab V)
TF072665.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (Bab VI)
TF072666.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kegiatan bertani di Indonesia sudah dilakukan sejak sebelum masa penjajahan dan profesi petani sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Kendati profesi ini sudah ada sejak lama di Indonesia, namun kesejahteraan petani di Indonesia masih terbilang kurang. Alasan yang sering mendasari permasalahan tersebut antara lain keadaan petani yang tinggal di pedesaan dan tidak memiliki pengetahuan mengenai akses pemasaran yang baik. Hal ini membuat petani kesulitan untuk menemukan pembeli dari hasil taninya dalam jumlah besar dikarenakan sebagian besar konsumen tinggal di daerah perkotaan. Petani harus melalui rantai pasok yang panjang agar dapat memasarkan produk hasil pertaniannya. Pada sisi lain terdapat beberapa orang yang ingin berinvestasi terhadap suatu proyek pertanian untuk suatu keperluan tertentu, namun memiliki akses informasi serta waktu yang terbatas. Penelitian ini dilakukan untuk merancang dan membangun sebuah Sistem Informasi Pasar Tani Terintegrasi. Sistem ini dibangun berbasis website menggunakan bahasa pemrograman php dengan framework CodeIgniter dan menggunkan MySQL sebagai basis data. Sistem informasi ini dapat berjalan di lingkungan website browser apapun. Sistem informasi yang akan dibangun akan memperpendek rantai pasok pertanian dengan mempertemukan petani sebagai produsen dengan supplier secara langsung melalui media website tanpa melalui perantara lainnya. Dengan diperpendeknya rantai pasok, petani dan pembeli akan medapatkan harga yang lebih pantas terhadap produk hasil pertanian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pelelangan Online, Pelelangan Proyek Pertanian, Aplikasi Pasar Tani
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Oct 2017 11:21
Last Modified: 09 Oct 2017 11:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12493

Actions (login required)

View Item View Item