Perbaikan Tata Letak Fasilitas Produksi Dengan Pendekatan Sistem Manufaktur Seluler Pada Pt. Siemens Indonesia

Sinaga, Micael Mula Marojahan (2017) Perbaikan Tata Letak Fasilitas Produksi Dengan Pendekatan Sistem Manufaktur Seluler Pada Pt. Siemens Indonesia. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TI072280.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab I)
TI072281.pdf

Download (334kB)
[img] Text (Bab II)
TI072282.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
TI072283.pdf

Download (477kB)
[img] Text (Bab IV)
TI072284.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB)
[img] Text (Bab V)
TI072285.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
TI072286.pdf

Download (1MB)

Abstract

PT. Siemens Indonesia yang berlokasi di pabrik Pulomas merupakan perusahaan dengan produk-produk panel listrik untuk pendistribusian listrik. Tata letak pada lantai produksi saat ini masih belum baik dan masih dapat diperbaiki. Pabrik Pulomas ingin meningkatkan efisiensi pada tata letak dalam proses produksi agar dapat bersaing dengan competitor. Penyelesaian masalah ini menggunakan beberapa metode pada sistem manufaktur seluler yaitu Rank Order Clustering (ROC), Direct Cluster Algorithm (DCA), Bond Energy Algortihm (BEA), Cluster Identification Algorithm (CIA), Row & Column Masking (R&CM), Similarity Coefficient Methods (SC), dan Mathematical Programming (MP). Setiap metode dipilih berdasarkan Grouping Efficacy dan Grouping Efficiency. Metode terbaik yang didapatkan adalah ROC, DCA, BEA dan MP. Metode terbaik tersebut menghasilkan konfigurasi Machine Cells dan Part Families. Konfigurasi dapat digunakan untuk melakukan perancangan layout. Panjang dan lebar workcenter pada tata letak baru dan tata letak awal diusahakan mendekati 1 : 1. Perhitungan jarak tempuh antara tata letak awal dengan tata letak baru yang telah dirancang mendapatkan pengurangan jarak tempuh dalam sehari sebesar 573 m.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tata Letak, Group Technology, Rank Order Clustering, Direct Cluster Algorithm, Bond Energy Algorithm, Similarity Coefficient Methods, Row & Column Masking, Cluster Identification Algorithm, Mathematical Programming
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Oct 2017 12:37
Last Modified: 12 Oct 2017 12:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12518

Actions (login required)

View Item View Item