PURWARUPA SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI WAREHOUSE YANG BEROPERASI DENGAN PURWARUPA AUTOMATED GUIDED VEHICLE

Dharmawan, Yustinus Adhi (2017) PURWARUPA SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI WAREHOUSE YANG BEROPERASI DENGAN PURWARUPA AUTOMATED GUIDED VEHICLE. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TI086230.pdf

Download (495kB)
[img] Text (Bab I)
TI086231.pdf

Download (152kB)
[img] Text (Bab II)
TI086232.pdf

Download (466kB)
[img] Text (Bab III)
TI086233.pdf

Download (475kB)
[img] Text (Bab IV)
TI086234.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (Bab V)
TI086235.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text (Bab VI)
TI086236.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text (Bab VII)
TI086237.pdf

Download (341kB)

Abstract

Di dalam perekonomian global dengan persaingan yang ketat, penggunaan teknologi informasi atau sistem informasi memiliki peran penting dalam meraih kesuksesan (Gary, 2011). Salah satu fungsi dari sistem informasi adalah menjadi kontrol atau pengendali suatu alat, contohnya Automated Guided Vehicle (AGV). AGV merupakan salah satu handling equipment yang digunakan di gudang. AGV mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan kegiatan di gudang. Seiring dengan meningkatnya penggunaan AGV di industri, beberapa metode alternatif untuk mengoperasikan AGV juga dikembangkan. Salah satunya adalah pengintegrasian dengan sistem informasi gudang atau dikenal dengan Warehouse Management System (WMS). Di laboratorium Elektronika Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta, penelitian mengenai pembuatan purwarupa AGV dilakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi di laboratorium tersebut. Purwarupa AGV yang dirancang menggunakan mikrokontroler Arduino dengan basis pergerakan line follower. Adanya keterbatasan dalam purwarupa AGV yang dirancang, menjadi alasan utama penelitian sistem informasi ini dilakukan. Sistem informasi dirancang dan dibuat dengan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC). Hasil akhir dari penelitian ini berupa sistem informasi yang memiliki fungsi untuk mengontrol pergerakan purwarupa AGV, serta memiliki beberapa fungsi yang dapat ditemukan dalam Warehouse Management System. Uji coba sistem dilakukan dengan melakukan proses penyimpanan barang, proses pengambilan barang dan proses pergerakan pulang purwarupa AGV. Hasil dari uji coba tersebut menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 94% untuk proses penyimpanan barang, 92,67% untuk proses pengambilan barang, dan 96,36% untuk proses pergerakan pulang purwarupa AGV.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Automated Guided Vehicle, pergerakan AGV, purwarupa, sistem informasi, System Development Life Cycle.
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Oct 2017 11:36
Last Modified: 13 Oct 2017 11:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12530

Actions (login required)

View Item View Item