EFEKTIVITAS PENYERAPAN LOGAM BERAT Cd (KADMIUM) OLEH TUMBUHAN KETUL (Bidens pilosa. L) DENGAN PENAMBAHAN MIKORIZA DAN EDTA

Nababan, Watimena (2017) EFEKTIVITAS PENYERAPAN LOGAM BERAT Cd (KADMIUM) OLEH TUMBUHAN KETUL (Bidens pilosa. L) DENGAN PENAMBAHAN MIKORIZA DAN EDTA. .. pp. 1-14. ISSN .

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (464kB)

Abstract

Kegiatan industrialisasi di Indonesia menempati tempat utama dalam ekonomi Indonesia secara tidak langsung menyumbang dampak negatif bagi lingkungan, yaitu pencemaran tanah oleh logam berat Cd (kadmium). Upaya perbaikan lingkungan khususnya tanah adalah dengan cara fitoremediasi. Tumbuhan ketul (Bidens pilosa L.) memiliki potensi sebagai tanaman hiperakumulator untuk logam Cd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Bidens pilosa L. sebagai tanaman hiperakumulator logam Cd dengan adanya penambahan EDTA dan mikoriza. EDTA yang merupakan senyawa pengkhelat akan membentuk kompleks ion dengan logam Cd sehingga translokasi logam Cd dari akar ke tajuk lebih mudah. Mikoriza memberikan mekanisme perlindungan terhadap logam berat dan unsur racun lainnya dengan menimbun unsur-unsur tersebut di dalam hifanya. Adanya penambahan EDTA, mikoriza serta kombinasi keduanya pada ketul diteliti pengaruhnya terhadap akumulasi total logam Cd pada tumbuhan dan pengaruh terhadap efektivitas serapan logam Cd pada tumbuhan ketul. Kadar logam berat Cd diukur menggunakan AAS. Hasil akumulasi total dan efektivitas seraapan logam Cd dianalisis menggunakan two way ANOVA dan DMRT. Dari uji SPSS didapatkan bahwa dengan tingkat kepercayaan 95% atau α=0,05 > Sig= 0,014 yang berarti dari ke empat perlakuan menunjukkan ada perbedaan yang signifikan terhadap total akumulasi logam Cd pada ketul dan efektivitas serapan logam Cd. Total akumulasi dari tertinggi ke rendah pada ketul adalah perlakuan kombinasi EDTA dan mikoriza 27,308 mg/L , EDTA 27,221 mg/L, Mikoriza 15,932 mg/L, serta perlakuan Kontrol sebesar 1,546 mg/L. Efektivitas serapan logam Cd dari tertinggi ke rendah adalah perlakuan kombinasi EDTA dan mikoriza 59,32%, EDTA 51,304%, Kontrol 47,589%, dan perlakuan mikoriza 25,545%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Phytoremediation, Ketul (Bidens pilosa L.), Cadmium (Cd), Mycorrhizal, EDTA
Subjects: Teknobiologi > Tekno Lingkungan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Oct 2017 11:36
Last Modified: 19 Oct 2017 11:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12596

Actions (login required)

View Item View Item