ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN LAKSDA ADISUCIPTO (STUDI KASUS U-TURN DEPAN JOGJA ONE PARK DAN U-TURN DEPAN SOCIAL AGENCY BARU AMBARRUKMO)

RESKYANTO, OTNIEL (2017) ANALISIS PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN LAKSDA ADISUCIPTO (STUDI KASUS U-TURN DEPAN JOGJA ONE PARK DAN U-TURN DEPAN SOCIAL AGENCY BARU AMBARRUKMO). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TS148900.pdf

Download (702kB)
[img] Text (Bab I)
TS148901.pdf

Download (307kB)
[img] Text (Bab II)
TS148902.pdf

Download (658kB)
[img] Text (Bab III)
TS148903.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
TS148904.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text (Bab V)
TS148905.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab VI)
TS148906.pdf

Download (1MB)

Abstract

U-turn adalah fasilitas berupa bukaan median yang dapat digunakan oleh kendaraan untuk melakukan putar balik arah. Namun dengan adanya u-turn, kecepatan kendaraan dari arah yang sama maupun yang berlawanan akan melambat bahkan berhenti sehingga mengakibatkan perubahan arus lalu lintas. Berubahnya kecepatan kendaraan dikarenakan adanya kendaraan lain yang akan melakukan gerak putar balik arah mengurangi kecepatannya sehingga kendaraan yang berada tepat di belakang juga mengurangi kecepatan. Selain itu, adanya jenis kendaraan tertentu yang tidak memiliki radius putaran yang cukup untuk melakukan gerak putar balik arah secara langsung menyebabkan berkurangnya kecepatan kendaraan dari kedua arah. Adapun juga pengaruh adanya fasilitas uturn, yaitu berkurangnya lebar ruas jalan untuk kendaraan menerus dikarenakan adanya panjang antrian kendaraan yang akan melakukan putar balik arah. Penelitian dilakukan dengan interval waktu setiap 15 menit pada pukul 07:00 – 09:00 WIB dan pada pukul 15:00 – 17:00 WIB. Pada lokasi u-turn depan Jogja One Park, penelitian dilakukan pada hari kamis, 4 Mei 2017 dengan hasil penelitian arus lalu lintas sebelum u-turn ke arah timur sebesar 2851,2 skr/jam dan ke arah barat sebesar 2753,6 skr/jam. Sedangkan pada lokasi u-turn depan Social Agency Baru Ambarrukmo, penelitian dilakukan pada hari Jumat, 5 Mei 2017 dengan hasil penelitian arus lalu lintas sebelum u-turn ke arah timur sebesar 2999,65 skr/jam dan ke arah barat sebesar 2811,65 skr/jam. Pada penelitian kedua lokasi studi diperoleh hasil bahwa kelas hambatan samping masuk dalam kategori rendah, kecepatan arus bebas sebesar 64,71 km/jam dan kapasitas sebesar 3780,69 skr/jam. Hasil analisa pengaruh fasilitas u-turn menunjukan perubahan untuk kedua lokasi studi. Pada lokasi u-turn depan Jogja One Park ke arah timur diperoleh perubahan derajat kejenuhan dari 0,75 menjadi 0,74, penurunan kecepatan tempuh sebesar 18,8% dan ke arah barat diperoleh perubahan derajat kejenuhan dari 0,72 menjadi 0,73, penurunan kecepatan tempuh sebesar 18,1%. Sedangkan pada lokasi u-turn depan Social Agency Baru Ambarukmo ke arah timur diperoleh perubahan derajat kejenuhan dari 0,79 menjadi 0,84, penurunan kecepatan tempuh sebesar 27,9% dan ke arah barat diperoleh perubahan derajat kejenuhan dari 0,75 menjadi 0,69, penurunan kecepatan tempuh sebesar 21,5%. Kapasitas menjadi 3157,44 skr/jam yang diakibatkan oleh adanya panjang antrian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kinerja ruas jalan, kinerja u-turn,pengaruh
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Oct 2017 09:34
Last Modified: 20 Oct 2017 09:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12609

Actions (login required)

View Item View Item