PENGARUH JUMLAH SURAT PEMBERITAHUAN PAJAK TERUTANG, NILAI JUAL OBJEK PAJAK, DAN TUNGGAKAN PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KABUPATEN KULON PROGO

Dandy, Stefanus (2017) PENGARUH JUMLAH SURAT PEMBERITAHUAN PAJAK TERUTANG, NILAI JUAL OBJEK PAJAK, DAN TUNGGAKAN PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KABUPATEN KULON PROGO. .. pp. 1-12. ISSN .

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (733kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara variabel independen (Jumlah SPPT, NJOP dan tunggakan pajak) terhadap variabel dependen (penerimaan PBB) baik secara parsial maupun simultan dengan objek penelitian dan periode yang berbeda dari penelitian sebelumnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah SPPT, NJOP, tunggakan pajak dan penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan. Data berasal dari DPPKA (sekarang Badan Keuangan dan Aset Daerah) Kabupaten Kulon Progo periode 2014-2016. Kecuali untuk tunggakan pajak menggunakan tunggakan pajak tahun 2013-2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kausal dengan jumlah data 36. Data ditransformasi menggunakan logaritma kemudian dianalisis menggunakan menggunakan uji asumsi klasik (normalitas, multikolonieritas, heteroskedastisitas dan autokorelasi). Pengujian hipotesis menggunakan regresi linear berganda. Pengujian dilakukan menggunakan program analisis data SPSS 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel jumlah SPPT, NJOP dan tunggakan pajak berpengaruh positif terhadap penerimaan pajak bumi dan bangunan. Pengujian secara simultan menunjukkan bahwa variabel jumlah SPPT, NJOP dan tunggakan pajak secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap penerimaan pajak bumi dan bangunan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: SPPT, NJOP, Tunggakan Pajak, dan Penerimaan PBB
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Nov 2017 08:30
Last Modified: 02 Nov 2017 08:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12703

Actions (login required)

View Item View Item