PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN EKONOMI AKUNTANSI 2017 “ MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN EKONOMI MELALUI PERGERAKAN SEKTOR STRATEGIS EKONOMI DOMESTIK”

Saragih , Morley and Susilo , Y. Sri (2017) PROSIDING SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN EKONOMI AKUNTANSI 2017 “ MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN EKONOMI MELALUI PERGERAKAN SEKTOR STRATEGIS EKONOMI DOMESTIK”. DAMPAK KEBERADAAN PASAR MODERN TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG RITEL PASAR TRADISIONAL (KASUS PASAR TRADISIONAL CONDONG CATUR, DEPOK, SLEMAN, DIY) . pp. 175-187.

[img] Text
Senmea - Morley S - Y. Sri Susilo.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak keberadaan pasar modern terhadap pendapatan pedagang ritel pasar tradisional (kasus pasar tradisional Condong Catur, Depok, Sleman, DIY). Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara secara mendalam (in-dept interview) berdasarkan kuesioner yang telah disiapkan dan pengamatan (observasi) terhadap pedagang pasar tradisional. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui dampak pasar modern adalah dengan Paired t Test. Berdasarkan uji statistik Paired t Test, terbukti bahwa keberadaan pasar modern berdampak pada pedagang Pasar Tradisional Condong Catur di kecamatan Depok, Sleman. Hal itu tampak, adanya penurunan pendapatan, keuntungan, dan jumlah pelanggan rata-rata per hari sebelum dan sesudah keberadaan pasa modern. Pedagang tidak mempunyai strategi khusus dalam menanggapi penurunan pendapatan, keuntungan dan jumlah pelanggan akibat keberadaan pasar modern.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pendapatan, pedagang ritel, pasar modern, pasar tradisional.
Subjects: Ilmu Ekonomi > Pembangunan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Nov 2017 09:31
Last Modified: 08 Nov 2017 10:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12842

Actions (login required)

View Item View Item