FITOREMEDIASI LIMBAH BINATU MENGGUNAKAN TANAMAN MELATI AIR (Echinodorus palaefolius L.) DAN JERAMI HASIL FERMENTASI Pseudomonas aeruginosa

Dewi, Monica Tri Kumala (2017) FITOREMEDIASI LIMBAH BINATU MENGGUNAKAN TANAMAN MELATI AIR (Echinodorus palaefolius L.) DAN JERAMI HASIL FERMENTASI Pseudomonas aeruginosa. .. pp. 1-14. ISSN .

[img] Text (JURNAL)
JURNAL.pdf

Download (677kB)

Abstract

Limbah binatu merupakan bahan sisa yang tidak diperlukan lagi untuk keperluan usaha rumahan. Hampir semua limbah binatu dibuang melalui selokan tanpa diolah maupun diencerkan terlebih dahulu sehingga dapat mencemari lingkungan. Fitoremediasi dengan menggunakan tanaman melati air dan jerami hasil fermentasi Pseudomonas aeruginosa menjadi salah satu cara untuk menurunkan kadar fosfat, BOD, COD, dan TSS dalam limbah binatu. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap faktorial (RALF) dengan satu kontrol dan tiga kali ulangan dengan variasi pada jerami yang digunakan yaitu perlakuan dengan jerami fermentasi, jerami tanpa fermentasi, dan tanpa jerami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan jerami dengan fermentasi merupakan perlakuan terbaik untuk menurunkan kadar fosfat dengan presentase sebesar 66,159%, nilai BOD dengan presentase penurunan sebesar 68,498%, nilai COD dengan presentase penurunan sebesar 73,798%, dan nilai TSS dengan presentase penurunan sebesar 20,37%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: fitoremediasi, limbah binatu, melati air, jerami fermentasi Pseudomonas aeruginosa
Subjects: Teknobiologi > Tekno Lingkungan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Nov 2017 09:57
Last Modified: 20 Nov 2017 09:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12882

Actions (login required)

View Item View Item