KEANEKARAGAMAN DAN KELIMPAHAN JENIS GASTROPODA DI PERAIRAN TAMAN WISATA LAUT 17 PULAU RIUNG, KABUPATEN NGADA, FLORES , NUSA TENGGARA TIMUR

Bhuka, Siprianus (2017) KEANEKARAGAMAN DAN KELIMPAHAN JENIS GASTROPODA DI PERAIRAN TAMAN WISATA LAUT 17 PULAU RIUNG, KABUPATEN NGADA, FLORES , NUSA TENGGARA TIMUR. .. pp. 1-9. ISSN .

[img] Text (JURNAL)
JURNAL.pdf

Download (643kB)

Abstract

Kabupaten Ngada yang merupakan salah satu tempat di Indonesia yang memiliki pesona alam Taman laut 17 pulau Riung. Keindahan alam bawah laut dan panorama alam berupa gugusan pulau dan potensi budaya yang berada di Kecamatan Riung Kabupaten Ngada dan merupakan salah satu tujuan favorit dari para wisatawan yang berkunjung ke pulau Flores. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis-jenis Gastropoda di empat wilayah kepulauan di Pantai Taman Wisata Laut 17 Pulau Riung dan untuk mengetahui kelimpahan jenis- jenis Gastropoda di empat wilayah kepulauan di Pantai Taman Wisata Laut 17 Pulau Riung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode “Plot Acak”. Dengan penelusuran di seluruh wilayah intertidal dan subtidal pada lokasi pengamatan, maka jika ditemukan jenis Gastropoda maka langsung diambil dan didokumentasikan lalu dilepaskan kembali. Keankeragaman spesies yang ditemukan di Taman Wisata Laut 17 Pulau Riung adalah Trochus venetus, Lambis crocata, Tasmatica schoutanica, Cypraea testudinaria, Nerita scabirosta, Nerita exuvia, Nerita plicata, Trona strecoraria, Laevistrombus canarium, Lambis lambis,Conus malacanus, Virgiconus terebra, Conus marmoreus, Conus geographus, Cypraea Tigris, Cypraea Interupta, Telescopium telescopium, Clanculus puniceus, Monodonta labio, Cymbiola vespertilio dengan total 660 individu Gastropoda yang terbagi atas 20 spesies , 7 ordo, 9 familia dan 10 superfamilia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Taman Wisata Laut 17 Pulau Riung.
Subjects: Teknobiologi > Tekno Lingkungan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Nov 2017 10:29
Last Modified: 20 Nov 2017 10:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12886

Actions (login required)

View Item View Item