PRODUKSI ETANOL OLEH Saccharomyces cerevisiae DENGAN PRETREATMENT MENGGUNAKAN EKSTRAK JAHE (Zingiber officinale Rosco.)

Rozi, Yulian (2017) PRODUKSI ETANOL OLEH Saccharomyces cerevisiae DENGAN PRETREATMENT MENGGUNAKAN EKSTRAK JAHE (Zingiber officinale Rosco.). .. pp. 1-17. ISSN .

[img] Text (JURNAL (IND/660.6/Yul/17))
JURNAL.pdf

Download (862kB)

Abstract

Penggunaan bahan bakar minyak yang tinggi menyebabkan persediaan minyak bumi menipis, sehingga banyak dicari sumber bahan bakar alternatif. Salah satu sumber bahan bakar alternatif adalah bioetanol. Bioetanol sendiri produksinya masih dikembangkan, salah satu pengembangannya berupa penggunaan galur mikrobia penghasil etanol, seperti Saccharomyces cerevisiae. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan galur Saccharomyces cerevisiae menggunakan ekstrak jahe (Zingiber officinale). Ekstrak jahe digunakan karena adanya kandungan gingerol yang dapat mengubah susunan DNA sel, hal ini diharapkan dapat mengubah susunangenetik S. cerevisiae sehingga tercipta galur baru. Ekstrak jahe digunakan untuk pretreatment pada S. cerevisiae. Ekstrak jahe yang digunakan memiliki konsentrasi yang berkisar dari 5, 10, dan 15%. Minyak jahe 10% juga digunakan sebagai kontrol positif. S. cerevisiae yang sudah diberi perlakuan pre-treatment kemudian digunakan untuk melakukan fermentasi pada molase selama 72 jam. Setelah 72 jam, didapati bahwa produksi alkohol dari perlakuan kontrol negatif, kontrol positif, jahe 5%, jahe 10%, dan jahe 15% berturut-turut adalah 5,134; 4,52; 4,682; 4,396; dan 4,528 %. Namun, berdasarkan hasil ANAVA tidak diperoleh adanya beda nyata dari tiap perlakuan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Jahe, Saccharomyces cerevisiae, kadar etanol, fermentasi, bioetanol, pengembangan galur, pre-treatment.
Subjects: Teknobiologi > Tekno Industri
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Nov 2017 09:45
Last Modified: 21 Nov 2017 09:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12908

Actions (login required)

View Item View Item