EVALUASI PENATAAN PARKIR PADA AREA PARKIR BARAT STASIUN TUGU YOGYAKARTA

NUGROHO, RADITYA SETYO (2017) EVALUASI PENATAAN PARKIR PADA AREA PARKIR BARAT STASIUN TUGU YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS14861.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
1TS14861.pdf

Download (188kB)
[img] Text (Bab II)
2TS14861.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
3TS14861.pdf

Download (295kB)
[img] Text (Babb IV)
4TS14861.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (Bab V)
5TS14861.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (Bab VI)
6TS14861.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada akhir tahun 2016 telah dilakukan penataan dan relokasi area parkir stasiun Tugu Yogyakarta yang semula berada tepat di depan pintu keluar selatan sekarang bergeser sedikit ke area barat. Relokasi tersebut dianggap belum maksimal karena masih sering terjadi lonjakan kebutuhan parkir cukup tinggi. Penelitian Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik parkir, meliputi: akumulasi parkir, durasi parkir, volume parkir, tingkat pergantian parkir (turn over parking), indeks parkir, kebutuhan ruang parkir dan kemudia memberikan alternatif penaatan parkir. dan memberikan masukan pengetahuan sebagai pertimbangan dalam merencanakan fasilitas parkir yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat membantu dalam menentukan kebijakan parkir di Stasiun Tugu Yogyakarta kemudian hari. Penelitian dilakukan dengan melakukan survei dilokasi parkir, yaitu dengan mengukur luas areal parkir dan mencatat setiap plat nomor kendaraan yang masuk dan keluar areal parkir (sepeda motor dan mobil) di setiap pos pengamatan. Survei dilaksanakan selama 3 hari yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Minggu pada tanggal 09, 10, dan 11 Juni 2017, data diambil pada pukul 09:00 – 18:00 WIB. Hasil analisis menunjukan bahwa kapasitas parkir untuk sepeda motor yang disedikan hanya untuk 550 kendaraan, sedangkan untuk parkir mobil 109 kendaraan. Nilai akumulasi maksimal parkir untuk mobil sebanyak 142 kendaraan dan untuk sepeda motor sebanyak 620 kendaraan. Durasi parkir mobil terbesar pada interval waktu 0 – 30 menit sebesar 76,92 % dan untuk motor pada interval waktu 0 – 30 menit sebesar 56,51 %. Volume parkir terbesar untuk mobil sebanyak 617 kendaraan, dan untuk motor sebanyak 1092 kendaraan. Indeks parkir terbesar untuk sepeda motor sebesar 112,73 % dan untuk mobil sebesar 130,28 %. Tingkat pergantian parkir (turn over parking) terbesar untuk sepeda motor 1,99 kendaraan/petak parkir/9jam, dan untuk mobil sebesar 5,66 kendaraan/petak parkir/9jam. Kebutuhan ruang parkir dengan mengoptimalkan lahan parkir yang masih kosong dengan tetap memberikan kenyamanan jarak antar kendaraan dapat menambah sebanyak 49 SRP sepeda motor dan 5 SRP mobil, sehingga lahan parkir dapat menampung sepeda motor sebanyak 599 kendaraan dan untuk mobil sebanyak 114 kendaraan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: akumulasi parkir, durasi parkir, volume parkir, tingkat pergantian parkir (turn over parking), indeks parkir, kebutuhan ruang parkir.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Nov 2017 08:41
Last Modified: 28 Nov 2017 08:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12954

Actions (login required)

View Item View Item