UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN KERSEN (Muntingia calabura L.) DALAM BENTUK SEDIAAN GEL TERHADAP Staphylococcus aureus dan Escherichia coli

Ratnasari, Monica (2017) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN KERSEN (Muntingia calabura L.) DALAM BENTUK SEDIAAN GEL TERHADAP Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. .. pp. 1-15. ISSN .

[img] Text (JURNAL (IND 660.6 RAT 17))
JURNAL.pdf

Download (970kB)

Abstract

Tanaman kersen memiliki daun yang berlimpah dan memiliki aktivitas antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya aktivitas antibakteri ekstrak metanol dan ekstrak etanol daun kersen dalam bentuk sediaan gel terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli, mengetahui ekstrak yang lebih efektif untuk menghambat Staphylococcus aureus dan Escherichia coli, serta mengetahui Konsentrasi Hambat Minimum (KHM) ekstrak daun kersen yang memiliki zona hambat yang lebih besar dari kedua ekstrak tersebut terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok faktorial dan rancangan acak lengkap faktorial dengan variasi pelarut, variasi konsentrasi, serta macam bakteri yang digunakan. Metode ekstraksi yang digunakan pada penelitian ini adalah metode ekstraksi sokhletasi, luas zona hambat dilakukan dengan metode difusi agar, pengujian KHM dilakukan dengan metode dilusi cair. Hasil uji zona hambat menunjukkan bahwa ekstrak metanol dan etanol dalam bentuk sediaan gel memiliki aktivitas antibakteri terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Ekstrak metanol menghasilkan zona hambat yang lebih besar sehingga diuji lebih lanjut untuk KHM. KHM ekstrak metanol daun kersen terhadap Staphylococcus aureus adalah 15%, sedangkan KHM ekstrak metanol daun kersen terhadap Escherichia coli adalah 25%. Hasil pengujian luas zona hambat dan KHM menunjukkan bahwa Staphylococcus aureus lebih mudah dihambat oleh ekstrak metanol daun kersen dibandingkan dengan Escherichia coli.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: daun kersen, ekstrak, metanol dan etanol, carbopol, flavonoid
Subjects: Teknobiologi > Tekno Industri
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Nov 2017 10:05
Last Modified: 29 Nov 2017 10:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/12971

Actions (login required)

View Item View Item