STRATEGI KOMUNIKASI E-PR DALAM SOSIALISASI PERUBAHAN CORPORATE IDENTITY PT TELKOM, Tbk. PERIODE TAHUN 2009

Aryanti, Novie (2011) STRATEGI KOMUNIKASI E-PR DALAM SOSIALISASI PERUBAHAN CORPORATE IDENTITY PT TELKOM, Tbk. PERIODE TAHUN 2009. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02871.pdf

Download (342kB)
[img] Text (Bab I)
1KOM02871.pdf

Download (697kB)
[img] Text (Bab II)
2KOM02871.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02871.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02871.pdf

Download (1MB)

Abstract

Untuk ketiga kalinya PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) melakukan transformasi pada bisnis mereka sekaligus perkenalkannya corporate identity baru untuk menyambut era baru Telkom sebagai satu-satunya perusahaan T.I.M.E (Telecommunication, Information, Media dan Edutainment) di Indonesia. Hal tersebut dilakukan guna menjawab tantangan pada lingkungan bisnis yang ada saat ini. Perubahan yang dilakukan kali ini lebih fundamental dan mendasar, untuk mensosialisasikan perubahan corporate identity yang baru maka Public Relations berperan untuk menyusun strategi komunikasi menggunakan berbagai media yang ada. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian mengenai strategi yang di tempuh oleh Public Relations dalam Sosialisasi Corporate Identity Telkom dengan menggunakan media internet. Oleh karena itu sebutan bagi Public Relations yang menggunakan perangkat Informations Communications Technology (ICT) dalam menjalankan peran dan fungsinya disebut juga Electronic Public Relations (E-PR). E­ PR dalam sosialisasi perubahan Corporate Identity Telkom menggunakan Portal Intranet dan aplikasi Pop Up untuk kalangan Internal perusahaan (karyawan,manajemen, dan stakeholder) dan menggunakan Corporate Website Telkom (www.telkom.co.id) untuk kalangan eksternal (pemerintah, media, calon konsumen dll). Tujuan dari Strategi Komunikasi E-PR dalam Sosialisasi perubahan Corporate Identity adalah meningkatkan kesadaran (awarness) Publik berkaitan dengan transformasi yang dilakukan oleh Telkom. Strategi Komunikasi E-PR dalam sosialisasi perubahan Corporate identity dilakukan bertahap, selama 1 bulan. Dengan jangka waktu yang diambil untuk melakukan sosialisasi dan internet sebagai pilihan medianya, maka menurut Public and Marketing Communications (PMC) atau nama lain dari Public Relations, dapat dikatakan media internet efektif, terbukti dari 3000 penggunjung Corporate Website tiap minggunya ada 2500 pengunjung yang menyadari perubahan pada Corporate Website Telkom yang baru dengan melihat logo dan perubahan detail tampilan Corporate Website yang disesuaikan dengan perubahan Corporate Identity, untuk Portal Intranet sendiri, 85% karyawan Telkom memiliki kesadaran (aware) dengan Transfomasi/ perubahan Corporate Identity Telkom dan Launching Perubahan Corporate Identity itu sendiri telah berlangsung 23 Oktober 2009 tahun lalu namun sampai saat ini Telkom masih melakukan proses tersebut, karena bukan hal yang mudah untuk melakukan perubahan yang serempak berkaitan dengan Corporate Identity, oleh karena itu transformasi tersebut hingga sekarang masih berjalan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Sosialisasi, E-PR dan Corporate Identity
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Dec 2017 09:27
Last Modified: 05 Dec 2017 09:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13134

Actions (login required)

View Item View Item