KODE ETIK SOCIETY OF PROFESSIONAL JOURNALISTS DALAM KONTROVERSI FILM BALIBO FIVE (Analisis Isi Pemberitaan Film Balibo Five ditinjau Sisi Kode Etik Society of Journalists dalam Portal Berita The Jakarta Posts dan Portal Berita ABC News Periode 1 Juli 2009 - 31 Desember 2009)

Oktofani, Elisabeth (2010) KODE ETIK SOCIETY OF PROFESSIONAL JOURNALISTS DALAM KONTROVERSI FILM BALIBO FIVE (Analisis Isi Pemberitaan Film Balibo Five ditinjau Sisi Kode Etik Society of Journalists dalam Portal Berita The Jakarta Posts dan Portal Berita ABC News Periode 1 Juli 2009 - 31 Desember 2009). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03151.pdf

Download (292kB)
[img] Text (Bab I)
1KOM03151.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab II)
2KOM03151.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03151.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03151.pdf

Download (432kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan basil penelitian terbadap bagaimana dua media massa yang memiliki latar belakang ideologi yang berbeda menerapkan kode etik jurnalistik dalam memberitakan suatu isu kontroversi yang melibatkan peran pemerintahan dari negara asal kedua media. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil topik bagaimaina kode etik Society of Professional Journalist diterapkan oleb ABC News dan The Jakarta Post dalam mengangkat film Balibo Five yang menjadi kontroversi di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan untuk rnenyusun skripsi ini adalah metode analisis isi. Metode analisis isi dipilih sebab metode tersebut diharapkan mampu untuk mengevaluasi penampilan media. Dalam menyusun skripsi ini, data penelitian diperoleh dengan cara melakukan penelitian terhadap artikel yang berkaitan dengan isu Balibo Five di portal berita ABC News dan The Jakarta Post dari tanggal 1 Juli sampai dengan 31 Desember 2009, di mana artikel tersebut akan diteliti dengan kode etik Society of Professional Journalist yang diturunkan ke dalam unit analisis dan sub unit analisis dalam lembar penelitian. Hasil penelitian terbadap 49 artikel berita dengan menggunakan delapan sub unit analisis sebagai perangkat penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa kode etik Society of Professional Journalist belum diterapkan secara optimal oleh ABC News dan The Jakarta Post dalam memberitakan Film Balibo Five, di mana masih subyektivitas dan keberpihakan media terbadap isu yang diangkat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Film Balibo Five, Kode Etik Jurnalistik
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Dec 2017 10:38
Last Modified: 05 Dec 2017 10:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13148

Actions (login required)

View Item View Item