PERANCANGAN STRUKTUR ATAS FLY OVER SIMPANG BANDARA–TANJUNG API-API, DENGAN STRUKTUR PRECAST CONCRETE U (PCU) GIRDER

Antonius,, Wisnu Aditya Sasikirana (2017) PERANCANGAN STRUKTUR ATAS FLY OVER SIMPANG BANDARA–TANJUNG API-API, DENGAN STRUKTUR PRECAST CONCRETE U (PCU) GIRDER. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TS146430.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
TS146431.pdf

Download (581kB)
[img] Text (BAB II)
TS146432.pdf

Download (418kB)
[img] Text (BAB III)
TS146433.pdf

Download (971kB)
[img] Text (BAB IV)
TS146434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (BAB V)
TS146435.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
TS146436.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemacetan dapat terjadi pada persimpangan jalan atau pertemuan kelas jalan berbeda, hal ini disebabkan karena adanya persilangan sebidang. Seperti pada Simpang Bandara-Tanjung Api Api, dimana simpang tersebut sering mengalami kemacetan. Perancangan flyover ditujukan untuk mengatasi masalah kemacetan tersebut. Dalam perancangan flyover, digunakan PrecastConcreteU (PCU) girder untuk struktur pada flyover tersebut. Perancangan flyover ini meliputi dimensi PCUGirder, letak tendon pada girder, jumlah tendon yang digunakan, merencanakan pelat lantai, pelat injak, pelat trotoar dan tiang railing. PCUGirder yang digunakan sebanyak 6 buah dan tinggi PCU tersebut adalah 2.3 meter. Dimana panjang bentang yang ditinjau adalah 52 meter namun yang dianalisa hanya sepanjang 50.8 meter. Hal tersebut dikarenakan bentang yang ditinjau adalah bentang yang tidak menempel pada abutment jembatan. Lebar flyover tersebut adalah 17.7 meter dengan lebar jalan adalah 14 meter untuk 2 lajur, 4 jalur dan 2 arah. Spesifikasi tendon serta angkur yang digunakan sesuai dengan VSLMultistrandSystem. Analisis pada struktur jembatan dilakukan dengan 2 metode, yaitu secara manual yang sesusai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) 1725:2016 tentang Standar Pembebanan untuk Jembatan dan RSNI-T-12- 2004 tentang Perencanaan Struktur Beton Jembatan. Perancangan komponen struktur flyover mengacu kepada Perancangan Beban dan Kekuatan Terfaktor (PBKT). Selain metode secara manual, digunakan juga metode analisis menggunakan StructureAnalysisProgram (SAP) 2000 untuk menghitung atau menganalisis data flyover. Hasil perancangan diperoleh ukuran PCUgirder setinggi 2.3 meter, dengan banyak girder 6 buah dan jarak antar girder adalah 2.7 meter. Tendon yang digunakan sebanyak 11 buah dengan 209 strands. Dimana setiap strands menahan gaya sebesar 123.11 kN.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: :fly over, struktur atas, pembebanan, PCU Girder.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Dec 2017 11:22
Last Modified: 05 Dec 2017 11:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13152

Actions (login required)

View Item View Item