ANALISIS PENGARUH FASILITAS MEMUTAR BALIK ARAH TERHADAP KINERJA RUAS JALAN LAKSDA ADISUCIPTO - SIMPANG JANTI

SELAN, HARJULLA APRIANUS (2017) ANALISIS PENGARUH FASILITAS MEMUTAR BALIK ARAH TERHADAP KINERJA RUAS JALAN LAKSDA ADISUCIPTO - SIMPANG JANTI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS14894.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
1TS14894.pdf

Download (338kB)
[img] Text (Bab II)
2TS14894.pdf

Download (412kB)
[img] Text (BHab III)
3TS14894.pdf

Download (582kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS14894.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
5TS14894.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI)
6TS14894.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jalan raya merupakan salah satu prasarana transportasi yang disediakan untuk melayani pergerakan lalu lintas. Pada jalan raya terdapat bukaan median yang merupakan salah satu prasarana transportasi yang disediakan untuk mempermudah pergerakan kendaraan yang memutar arah (U-Turn). Adanya kendaraan yang memutar arah menyebabkan berkurangnya kecepatan dari kendaraan yang searah dan yang berlawanan arah, sehingga dapat menimbulkan terjadinya kemacetan. Oleh karena itu maka perlu diketahui pengaruh fasilitas memutar arah (U-Turn) terhadap kinerja jalan. Penelitian dilakukan di Yogyakarta pada u-turn yang berada di Simpang Janti dan ruas Jl. Laksda Adisucipto yang melalui u-turn tersebut selama dua hari pengamatan yakni hari Rabu, 31 Mei 2017 dan hari Sabtu, 3 Juni 2017. Waktu pengamatan pada pagi hari pukul 06.30 – 08.30, siang hari pukul 12.00 – 14.00 dan sore hari pukul 16.00 – 18.00 dengan periode waktu setiap 15 menit. Data yang diambil dalam penelitian ini diantaranya geometik jalan, volume lalu lintas, hambatan samping, waktu dan kecepatan tempuh, volume kendaraan yang memutar, panjang antrian, waktu tundaan dan waktu memutar. Berdasarkan hasil analisis diperoleh arus lalu lintas sebelum u-turn ke arah barat sebesar 3340 skr/jam dan ke arah timur sebesar 3933 skr/jam, hambatan samping ke arah barat dalam kategori sangat rendah dan ke arah timur dalam kategori rendah, kecepatan tempuh ke arah barat sebesar 34,3 km/jam dan ke arah timur 14 km/jam, derajat kejenuhan sebelum u-turn ke arah barat sebesar 0,89 dan ke arah timur sebesar 1,05, arus memutar sebesar 409 skr/jam, rata – rata panjang antrian 39 m, waktu tundaan selama 60,73 detik , dan waktu memutar selama 26,25 detik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fasilitas u-turn mempengaruhi kinerja jalan yang meliputi perubahan arus lalu lintas sesudah u-turn untuk arah ke barat dari 3340 skr/jam menjadi 3749 skr/jam dan arah ke timur dari 3933 skr/jam menjadi 3524 skr/jam, perubahan derajat kejenuhan ke arah barat dari 0,89 menjadi 1,004 dan arah ke timur dari 1,05 menjadi 0,94 karena arus kendaraan yang berubah, serta perubahan kecepatan tempuh kendaraan untuk arah ke barat sebesar 2 % yang dipengaruhi oleh radius putar dan waktu yang dibutuhkan kendaraan untuk memutar, dan untuk arah ke timur sebesar 60 % yang dipengaruhi oleh panjang antrian dan waktu tundaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: u-turn, kinerja jalan, pengaruh
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Dec 2017 08:22
Last Modified: 06 Dec 2017 08:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13179

Actions (login required)

View Item View Item