MENILAI FAKTOR-FAKTOR SITUASIONAL DALAM PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF DITINJAU DARI VARIABEL – VARIABEL DEMOGRAFIS (Pada Pembelanja Supermarket di Yogyakarta)

Kristina, . (2011) MENILAI FAKTOR-FAKTOR SITUASIONAL DALAM PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF DITINJAU DARI VARIABEL – VARIABEL DEMOGRAFIS (Pada Pembelanja Supermarket di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EM17051.pdf

Download (1298Kb)
[img] Text (Bab I)
1EM17051.pdf

Download (65Kb)
[img] Text (Bab II)
2EM17051.pdf

Download (85Kb)
[img] Text (Bab III)
3EM17051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81Kb)
[img] Text (Bab IV)
4EM17051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139Kb)
[img] Text (Bab V)
5EM17051.pdf

Download (1628Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor situasional dalam perilaku pembelian impulsif dengan maksud memisahkan sejumlah segmen konsumen yang berbeda. Penelitian ini akan mencoba menyediakan jawaban terhadap pertanyaan berikut : apakah terdapat perbedaan faktor-faktor situasional dalam pembelian impulsif ditinjau dari variabel-variabel demografis (jenis kelamin, umur, status pendidikan, status pekerjaan, uang saku rata-rata per bulan, jumlah anggota dalam keluarga) ? Dapatkah efek dari faktor-faktor situasional yang dianalisa dalam pembelian impulsif responden, memungkinkan untuk memisahkan segmensegmen konsumen yang berbeda ? Hasil yang didapat menyatakan bahwa dalam hal persepsi dampak faktor-faktor situasional dalam perilaku pembelian impulsif, studi memisahkan tiga segmen konsumen : (1) dengan jelas rasional – bebas mempengaruhi, (2) impulsif pada beberapa tingkatan – sensitif pada beberapa stimuli situasional, (3) paling rasional – pada umumnya bebas untuk mempengaruhi. Dalam segmen pertama dan ketiga tak satupun faktor-faktor situasional yang dianalisa mempengaruhi perilaku pembelian impulsif pada tingkatan yang lebih besar. Sebaliknya, dalam pembeli yang impulsif ditemukan seperti teman belanja, lokasi toko, toko yang disusun secara menarik, popularitas produk, display yang dirancang khusus, aroma yang menarik, kuantitas yang lebih besar dari merchandise, aktivitas promosi, kemasan yang lebih besar dan susunan rak, pada beberapa tingkatan dapat mempengaruhi pembelian impulsif responden dalam berbelanja. Akhirnya, secara keseluruhan hasil yang didapat menunjukkan bahwa faktor-faktor situasional dapat mempengaruhi perilaku pembelian impulsif konsumen pada tingkatan yang lebih besar dari jenis kelamin, dan perilaku seperti itu secara tidak signifikan dipengaruhi oleh umur, pendidikan, status pekerjaan, uang saku rata-rata per bulan dan sejumlah anggota keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Impulsive Buying, Impulsive Buying Behavior, Situasional Factors
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 May 2013 11:20
Last Modified: 08 May 2013 11:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1321

Actions (login required)

View Item View Item