HUBUNGAN ANTARA MOTIF DENGAN KEPUASAN AUDIENS MENGIKUTI FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KAMPANYE DIET KANTONG PLASTIK

SORLITA, SONYA (2017) HUBUNGAN ANTARA MOTIF DENGAN KEPUASAN AUDIENS MENGIKUTI FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KAMPANYE DIET KANTONG PLASTIK. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (PR 659.2 Son 17)
KOM04622.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Facebook memberikan ruang bagi para penggunanya untuk membicarakan berbagai topik dan media ini tidak memiliki batasan jangkauan. Organisasi lingkungan yang bernama Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) tertarik memanfaatkan facebook dalam menyebarkan pesan kampanye. Akun facebook bernama Diet Kantong Plastik yang kemudian diikuti oleh sejumlah pengguna facebook yang disebut dengan istilah audiens. Teori uses and gratification digunakan untuk melihat alasan audiens mengikuti akun facebook Diet Kantong Plastik dan kepuasan audiens setelah mengikuti facebook Diet Kantong Plastik berdasarkan hal yang mereka butuhkan dan inginkan. Motif atau yang disebut juga dengan gratification sought (GS) merupakan kepuasan yang dicari audiens berdasarkan kebutuhan dan keinginannya pada facebook Diet Kantong Plastik. Kepuasan atau yang disebut juga dengan gratification obtained (GO) merupakan kepuasan yang diperoleh setelah mengikuti facebook Diet Kantong Plastik berdasarkan kebutuhan dan keinginannya. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif kuantitatif untuk menjelaskan hubungan antara motif dengan kepuasan audiens dalam mengikuti facebook sebagai media kampanye Diet Kantong Plastik. Metode yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner yang dimuat dalam facebook Diet Kantong Plastik dan disebar melalui beberapa grup yang mengikuti facebook Diet Kantong Plastik. Penelitian ini berlokasi di Indonesia dalam lingkup facebook Diet Kantong Plastik dengan jumlah responden sebanyak 376 audiens. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel non probabilitas yaitu quota sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian ini adalah motif yang paling mendorong audiens dalam mengikuti akun facebook Diet Kantong Plastik adalah informasi yang dilihat dari tingginya skor mean gratification sought (GS) yaitu 4,16. Kepuasan yang diperoleh audiens adalah hiburan dan integrasi dan interaksi yang dilihat dari rendahnya skor mean gratification sought (GS) daripada gratification obtained (GO). Skor mean gratification sought (GS) hiburan < skor mean gratification obtained (GO) hiburan yaitu 3,57 < 3,60. Skor mean gratification sought (GS) integrasi dan interaksi < skor mean gratification obtained (GO) integrasi dan interaksi yaitu 3,62 < 3,67 Dalam penelitian ini diketahui bahwa terdapat korelasi yang cukup kuat antara motif atau gratification sought (GS) dengan kepuasan atau gratification obtained (GO) audiens dalam mengikuti facebook sebagai media kampanye Diet Kantong Plastik yaitu 0,723 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motif, Kepuasan, Facebook
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Dec 2017 10:18
Last Modified: 15 Dec 2017 10:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13218

Actions (login required)

View Item View Item