EVALUASI HUBUNGAN MEDIA DI JOGJA FASHION FESTIVAL PLAZA AMBARRUKMO YOGYAKARTA (Studi Perbandingan Press Release dan Kliping Pemberitaan di Media Cetak)

FADIELA, DILLA (2017) EVALUASI HUBUNGAN MEDIA DI JOGJA FASHION FESTIVAL PLAZA AMBARRUKMO YOGYAKARTA (Studi Perbandingan Press Release dan Kliping Pemberitaan di Media Cetak). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (PR 659.2 Dil 17)
KOM04796.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang dikenal akan kebudayaan dan keindahan pariwisatanya. Plaza Ambarrukmo menjadi salah satu mal yang melibatkan unsur budaya Yogyakarta. Selain menjaga eksistensi sebagai mal yang dikenal akan budaya, Plaza Ambarrukmo juga harus menghadapi kompetitor di bidang usaha sejenis. Salah satu strategi Plaza Ambarrukmo adalah menjalin hubungan media yang dijembatani oleh public relations (PR). Aktivitas hubungan media yang dilakukan PR Plaza Ambarrukmo adalah publisitas berupa press release Jogja Fashion Festival (JFF). JFF merupakan signature event Plaza Ambarrukmo sebagai rangkaian ulang tahun sejak tahun 2013. Meski telah menjalankan hubungan media, tidak menjamin jika press release akan ditulis sama oleh media. Penelitian monitoring media ini dilakukan dengan analisis isi untuk mengetahui kecenderungan isi pesan press release dan angle pemberitaan. Hasil olahan data berupa tabel distribusi frekuensi dan keabsahan data dengan uji reliabilitas. Setelah dianalisis, didapatkan hasil dari 30 press release yang ada, 100% media cetak memuat 30 berita yang memiliki kesamaan isi dengan press release. Perbedaan hanya ada pada format penulisan. 57% berita berformat soft news. Selain itu 63% berita menggunakan nilai prominence, 73% berita memiliki angle pemberitaan orang terkenal, dan 97% berita memuat foto. Itu artinya rekan-rekan media mampu mengembangkan informasi yang diberikan PR Plaza Ambarrukmo

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Hubungan Media, Monitoring Media, Press Release, Pemberitaan
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Dec 2017 10:29
Last Modified: 15 Dec 2017 10:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13219

Actions (login required)

View Item View Item