MOTIVASI MENULIS DI MEDIA ONLINE (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Faktor-Faktor yang Menjadi Motivasi Pewarta Menulis di Media Online Kompasiana)

PRIMAVITA, MARIA ATIKA (2017) MOTIVASI MENULIS DI MEDIA ONLINE (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Faktor-Faktor yang Menjadi Motivasi Pewarta Menulis di Media Online Kompasiana). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (JUR 070.4 Mar 17)
KOM05178.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Komunikasi menjadi salah satu cara manusia membagikan informasi dari satu orang ke orang yang lain. Lewat komunikasi inilah yang menjadikan manusia menerima segala hal yang berkaitan dengan keadaan di sekitar mereka. Misalnya kondisi tempat tinggal mereka ataupun keadaan pemerintahan mereka. Di era modern, masyarakat sudah dimanjakan dengan kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diwujudkan dalam bentuk internet. Media massa yang semula hanya dikenal sebagai media elektronik seperti TV dan radio serta media konvensional seperti majalah dan koran, mulai mengalami kemajuan dengan adanya media massa internet seperti situs web berita misalnya. Media internet dinilai cepat dan tanggap dalam mengabarkan pemberitaan di bidang politik, ekonomi, sosial, maupun budaya. Dikarenakan kecepatan inilah yang membuat media internet paling banyak digunakan, terutama oleh generasi muda. Kompasiana hadir untuk semua generasi sebagai bentuk forum penyampai aspirasi. Menggunakan teori ERG yaitu Existence, Relatedness, dan Growth, motivasi pewarta menulis di Kompasiana dipengaruhi oleh ketiga faktori tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kompasiana, menulis, era modern, motivasi
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Dec 2017 11:08
Last Modified: 19 Dec 2017 11:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13277

Actions (login required)

View Item View Item