CITRA BANK SULUT DI MATA KARYAWAN PT. BANK SULUT MANADO

Watulingas, Gabriella (2017) CITRA BANK SULUT DI MATA KARYAWAN PT. BANK SULUT MANADO. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (PR 659.2 Gab 17)
KOM04481.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Citra merupakan seperangkat keyakinan, ide dan kesan yang dimiliki oleh seseorang terhadap suatu obyek. Untuk mengetahui citra seseorang terhadap suatu obyek dapat diketahui dari persepsi dan sikapnya terhadap obyek tersebut. Citra terbentuk berdasarkan pengetahuan dan informasi-informasi yang diterima seseorang. Stakeholder dalam penelitian ini adalah stakeholder internal yaitu karyawan Bank Sulut. Citra positif dapat terlihat dari adanya isi pesan yang positif, persepsi dan sikap positif sehingga dapat membantu organisasi dalam mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra bank sulut di mata karyawan. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberi sumbangan ilmu pengetahuan khususnya bidang kehumasan yang berkaitan dengan citra organisasi sehingga mampu menciptakan sebuah organisasi yang mempunyai citra yang baik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan distribusi frekuensi dengan teknik frekuensi dan presentase. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang ada di Bank Sulut yaitu 177 orang karyawan. Jenis pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey, yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Hasil penelitian ini menunjukan citra Bank Sulut di mata karyawan tergolong baik karena dari hasil penelitian, nilai rata-rata dari keseluruhan indikator atau dimensi dalam mengukur citra Bank Sulut di mata karyawan adalah sebesar 4,55 (baik). Identitas fisik memperoleh nilai rata-rata tertinggi yaitu sebesar 4,73 (baik), dimensi identitas nonfisik memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,40 (baik), dimensi aktivitas dan pola hubungan memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,54 (baik), dan dimensi kualitas pelayanan memiliki nilai rata-rata sebesar 4, 55 (baik). Faktor yang menjadi penyebab dimensi identitas nonfisik memperoleh nilai rata-rata yang paling rendah dari dimensi yang lain dikarenakan terdapat beberapa karyawan pada usia 21-30 yang belum lama bekerja ataupun telah bekerja tapi kurang dari tiga tahun sehingga kurang memahami tentang sejarah, visi dan misi PT. Bank Sulut sehingga bisa mengancam citra Bank Sulut sendiri sebagai bank daerah karena kurang memberikan stimulus kepada karyawan baru.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Citra, Citra Organisasi, Karyawan
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Dec 2017 12:32
Last Modified: 19 Dec 2017 12:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13282

Actions (login required)

View Item View Item