PENGARUH SOLVABILITAS DAN AFILIASI KAP TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)

FERANI, ELIZABETH ROSITA (2017) PENGARUH SOLVABILITAS DAN AFILIASI KAP TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (EA20412)
EA20412.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh solvabilitas dan afiliasi KAP terhadap opini audit going concern. Opini audit going concern sebagai variabel dependen diukur dengan menggunakan variabel dummy. Apabila perusahaan menerima opini audit going concern, maka diberi kode 1. Sebaliknya, jika perusahaan menerima opini audit lainnya selain opini audit going concern, maka diberi kode 0. Untuk variabel solvabilitas sebagai variabel independen diukur dengan menggunakan debt to total asset. Variabel afiliasi KAP diukur dengan menggunakan variabel dummy. Jika KAP termasuk dalam kategori Big Four, maka akan diberi kode 1, dan sebaliknya jika KAP tidak termasuk kategori Big Four, akan diberi kode 0. Penelitian ini menggunakan data arsip sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode 2011-2015. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 455 laporan keuangan perusahaan manufaktur. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa solvabilitas berpengaruh positif terhadap opini audit going concern, sedangkan afiliasi KAP tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Solvabilitas, Opini Audit Going Concern, Afiliasi KAP
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Dec 2017 09:51
Last Modified: 20 Dec 2017 09:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13288

Actions (login required)

View Item View Item