ANALISIS OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA, REPUTASI KAP, DAN KONDISI KEUANGAN TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2015)

Wibowo, Aldita Putri (2017) ANALISIS OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA, REPUTASI KAP, DAN KONDISI KEUANGAN TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2015). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (EA19854)
EA19584.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

audit going concern. Dalam penelitian ini menggunakan dua uji beda dan tiga uji pengaruh, yaitu perbedaan opini audit tahun ini dengan tahun sebelumnya, perbedaan reputasi KAP (big four dan non big four), dan pengaruh rasio likuiditas, rasio profitabilitas, dan rasio solvabilitas terhadap penerimaan opini audit going concern. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 329 perusahaan yang terdaftar di BEI selama periode tahun 2013-2015. Dalam penelitian ini, data diperoleh dari Laporan Keuangan Tahunan. Hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Mann-Whitney U-Test untuk menguji uji beda dan menggunakan regresi logisitik dengan aplikasi SPSS (α=5%). Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa opini audit tahun ini tidak berbeda dengan opini audit tahun sebelumnya dan pemberian opini audit going concern dari KAP Big Four tidak berbeda dengan pemberian opini audit going concern dari KAP Non Big Four. Untuk uji pengaruh, rasio likuiditas, rasio profitabilitas, dan rasio solvabilitas berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Opini Audit Going Concern, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Reputasi KAP, Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Rasio Solvabilitas
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Dec 2017 10:03
Last Modified: 20 Dec 2017 10:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13289

Actions (login required)

View Item View Item