KURNIANINGTYAS, MARSELINA (2017) RISET PASAR PRODUK BOARD GAME SEBAGAI SUATU USAHA BARU. S1 thesis, UAJY.
Text (HALAMAN JUDUL)
TI074070.pdf Download (482kB) |
|
Text (BAB I)
TI074071.pdf Download (145kB) |
|
Text (BAB II)
TI074072.pdf Download (382kB) |
|
Text (BAB III)
TI074073.pdf Download (229kB) |
|
Text (BAB IV)
TI074074.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
|
Text (BAB V)
TI074075.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB VI)
TI074076.pdf Download (598kB) |
Abstract
Board game memiliki potensi untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif bukan hanya sekadar sebagai media hiburan. Board game dapat dikembangkan sebagai sebuah industri untuk dapat menghadirkan permainan yang berkualitas. Board Game mampu menghadirkan kebersamaan dalam keluarga sebagai media untuk kegiatan belajar dan mengasah kemampuan. Board game mampu menggabungkan kegiatan bermain, belajar, dan berkomunikasi dalam satu media permainan. Tujuan dari penelitian untuk mengetahuhi atribut produk board game yang diinginkan pasar lalu dilakukan proses riset pasar agar produk dapat diterima pasar. Penentuan atribut produk yang diminati konsumen dilakukan dengan menggunakan analisis konjoin. Pada proses ini target konsumen diminta untuk memberikan penilainan terhadap kombinasi produk yang telah ditentukan. Hasil akhir dari tahap ini yaitu akan diketahui atribut produk board game yang diminati konsumen. Langkah selanjutnya proses riset pasar dilakukan untuk diminimalisasi produk tidak laku di pasaran sehingga timbul kerugian. Tujuan yang dicapai dari penelitian ini adalah mendapatkan gambaran mengenai kondisi pasar board game secara umum. Data sekunder dan data primer digunakan untuk merancang kuesioner sebgai langkah awal dalam melakukan riset pasar. Kuesioner berupa butir-butir pertanyaan yang nantinya akan disebar ke target konsumen. Metode pengumpulan data menggunakan cara mengelompokkan data primer dan data sekunder. Data yang telah diperoleh kemudian diolah menggunakan bantuan lembar kerja sebagai alat bantu atau pedoman dasar dalam penyusunan kuesioner. Kuesioner disebar ke target customer lalu hasil kuesioner yang diperoleh diolah dan dianalisis untuk diketahui bagaimana minat dan ketertarikan responden terhadap produk yang ditawarkan. Hasil dari penelitian ini adalah atribut board game yang diminati oleh konsumen adalah board game yang terdiri dari enam permainan dengan banyak pemain disetiap jenis permainannya. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa responden famial dengan produk board game. Terdapat minat yang besar terhadap produk board game yang ditawarkan. Terdapat 89% responden yang tertarik untuk membeli produk. Harga produk yang diminati oleh responden berada pada range Rp150.000,00-Rp200.000,00. Lebih dari sebagian responden berpendapat board game belum dapat sebagai media pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Board Game, Riset Pasar, Analisis Konjoin. |
Subjects: | Teknik Industri > Industri |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 13:59 |
Last Modified: | 20 Dec 2017 13:59 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13297 |
Actions (login required)
View Item |